Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Kamis, Oktober 6, 2022
redaksi@topcareer.id
Tips KarierTren

Wajib Tahu! Ini Jenis-Jenis Wawancara dalam Pekerjaan (Bagian 2)

video-interview02Ilustrasi. (dok. Built in)

Topcareer.id – Asal tahu saja, kandidat perlu tahu berbagai mcam jenis wawancara kerja. Mulai dari wawancara kasus, wawancara kelompok, hingga wawacara online. Beberapa jenis wawancara penting untuk dipahami jika kamu sedang mencari pekerjaan.

Bahkan, ada wawancara yang diadakan saat makan. Berikut ini beberapa jenis wawancara kerja yang perlu kamu ketahui, seperti dilansir dari laman The Balance Careers.

Wawancara Informal

Mempekerjakan manajer dapat memulai proses penyaringan dengan percakapan informal yang santai dibanding wawancara formal. Ini lebih merupakan diskusi santai daripada wawancara kerja biasa. Pada catatan yang sama, mengobrol sambil minum kopi adalah jenis lain dari wawancara kerja yang kurang formal.

Wawancara informasi

Wawancara informasi digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang pekerjaan, bidang karier, industri, atau perusahaan. Dalam hal ini, kamu adalah pewawancara dan kamu menemukan orang untuk diajak bicara sehingga kamu dapat mempelajari lebih lanjut tentang bidang tertentu.

Wawancara di luar lokasi

Pengusaha terkadang menjadwalkan wawancara kerja di tempat umum, seperti kedai kopi atau restoran. Mungkin tidak ada kantor lokal atau mungkin mereka tidak ingin karyawan saat ini mengetahui kemungkinan perekrutan baru. Bagaimanapun, ada baiknya bersiap untuk wawancara di luar lokasi.

Wawancara di tempat

Terkadang kamu diharapkan untuk melakukan wawancara di tempat. Misalnya, kamu dapat menyerahkan aplikasimu dan diminta untuk segera melakukan wawancara. Atau ketika sebuah organisasi (biasanya ritel atau perhotelan) mengumumkan bahwa mereka akan mengadakan wawancara terbuka pada tanggal tertentu.

Wawancara kerja panel

Wawancara kerja panel terjadi ketika kamu diwawancarai oleh panel pewawancara. Kamu dapat bertemu dengan setiap anggota panel secara terpisah atau bersama-sama. Dan terkadang akan ada panel pewawancara dan sekelompok kandidat dalam satu ruangan.

Wawancara telepon

Saat kamu secara aktif mencari pekerjaan, kamu mungkin perlu bersiap untuk wawancara telepon pada saat itu juga. Perusahaan sering memulai dengan panggilan telepon yang tidak terjadwal, atau mungkin akan menjadwalkan panggilanmu sendiri. Dalam kedua kasus, ada baiknya untuk bersiap dan siap mengajukan pertanyaan wawancara telepon untuk menanyakan pewawancara juga.

Wawancara terstruktur

Wawancara terstruktur biasanya digunakan ketika pemberi kerja ingin menilai dan membandingkanmu dengan kandidat dengan cara yang tidak memihak. Pada dasarnya, pewawancara menanyakan semua kandidat pertanyaan yang sama.
Jika posisi tersebut membutuhkan keterampilan dan pengalaman khusus, pemberi kerja akan menyusun pertanyaan wawancara yang berfokus tepat pada kemampuan yang dicari perusahaan.

Tinggalkan Balasan