Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Kamis, Oktober 6, 2022
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

7 Hal Yang Harus Kamu Lakukan setelah Menerima Tawaran Pekerjaan

Work. Dok/flexjobs.comWork. Dok/flexjobs.com

Topcareer.id – Akhirnya setelah melalui serangkaian wawancara kerja, kamu berhasil mendapatkan posisi baru di perusahaan baru.

Biasanya kamu akan mendapat telepon dari perusahaan, menegosiasikan gaji, dan kamu menerima tawaran pekerjaan. Selamat!

Nah, lalu apa selanjutnya yang harus kamu lakukan?

Mungkin kamu ingin menjadwalkan waktu liburan singkat sebelum sampai ke tanggal mulai memasuki pekerjaan baru.

Boleh-boleh saja, tapi jangan lupa tujuh langkah ini yang harus kamu lakukan sebelum hari pertama kerja kamu dengan perusahaan baru dimulai.

1) Tulis surat penerimaan pekerjaan
Baik kamu menerima email atau surat yang secara resmi kamu mendapat tawaran pekerjaan, penting untuk menyatakan kembali detail tawaran akhir dan mengungkapkan antusiasme serta penghargaan atas peluang tersebut. Tanyakan apakah ada yang dibutuhkan dari kamu sebelum tanggal mulai.

2) Beri tahu atasan bahwa kamu mendapat pekerjaan baru
Jika sedang bekerja, beri tahu manajer kamu bahwa kamu telah mendapat tawaran pekerjaan dan kemudian tentukan tanggal resign. Dua minggu sampai satu bulan adalah waktu standar.

Kirimkan surat pengunduran diri resmi, pastikan untuk memberikan satu salinan kepada atasan dan satu lagi kepada HRD.

Kamu mungkin mendapatkan tawaran balasan dari atasan yang mencakup gaji yang lebih tinggi atau fasilitas yang lebih manis.

Tahan godaan untuk menerima. Ingat semua alasan utama kamu mencari pekerjaan baru.

3) Beri tahu pesaing lain yang ingin merekrut kamu
Jika kamu telah menjalani wawancara kerja dengan beberapa perusahaan lain, kirimkan email kepada mereka bahwa kamu mendapat pekerjaan dengan perusahaan lain.

Jangan menjadi kandidat yang hobinya ghosting selama proses perekrutan. Saat kamu menarik diri, jaga perasaan tetap positif dan ungkapkan penghargaan.

4) Kembangkan jaringan kamu
Kamu memang telah menuju petualangan baru, tetapi kamu harus terus memelihara hubungan yang telah kamu bangun. Mantan bos adalah bagian penting dari jaringan profesional kamu.

Tambahkan mereka sebagai koneksi di LinkedIn. Dapatkan alamat email pribadi mereka. Traktir makan siang untuk terakhir kalinya. Siapa tahu kamu mungkin bekerja dengan mereka lagi.

Baca juga: Sulit Dapat Pekerjaan? Coba 5 tips Ampuh Ini

5) Lakukan serah terima
Ini merupakan kesopanan profesional untuk membantu selama masa transisi saat kamu bersiap untuk meninggalkan peran kamu saat ini, baik dengan melatih penggantimu atau menulis instruksi terperinci untuk karyawan baru di masa mendatang.

Tinggalkan file pekerjaan kamu dengan baik. Bersihkan meja kerja kamu secara menyeluruh dan pastikan tidak meninggalkan sesuatu yang bersifat pribadi.

6) Tetap terhubung dengan manajer baru
Surat penerimaan pekerjaan formal kamu tidak boleh menjadi yang terakhir kali atasan baru kamu mendengar kabar darimu sebelum hari pertama kamu bekerja.

Jika ada keheningan selama minggu-minggu setelah kamu menerima tawaran pekerjaan, jangan malu untuk berkomunikasi terlebih dahulu.

Tanyakan bagaimana kamu bisa mempersiapkan hari pertama, apakah ada dokumen yang perlu kamu isi, di mana dan kapan harus melapor, dan apakah akan ada orientasi.

7) Tinggalkan perusahaan lama dengan hormat
Akhiri pekerjaanmu yang sekarang dan tunjukkan sikap positif. Ucapkan terima kasih kepada rekan kerja yang telah banyak membantu kamu belajar dan tumbuh secara profesional dalam pekerjaan.

the authorFeby Ferdian

Tinggalkan Balasan