Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Kamis, Oktober 6, 2022
redaksi@topcareer.id
Tips KarierTren

Berapa Tahun Pengalaman Kerja yang Dicantumkan di Resume?

Jasa penulis resume profesionalILustrasi. (dok. CareerAddict)

Topcareer.id – Ketika membuat resume atau curriculum vitae (CV), apakah kamu akan memasukkan setiap pengalaman pekerjaan yang sudah pernah kamu miliki di resume itu? Belum tentu. Bila kamu memiliki pengalaman yang banyak, tidak perlu membuat daftar seluruh riwayat pekerjan.

Berapa tahun pengalaman yang harus disertakan?

Bagaimana kamu harus memutuskan apa yang harus disertakan? Jika kamu tidak yakin berapa tahun pengalaman untuk dimasukkan ke dalam resume, biarkan posting pekerjaan menjadi panduanmu.

Secara umum, 5 hingga 10 tahun pengalaman adalah standar, tetapi kamu mungkin perlu memasukkan lebih banyak tergantung pada persyaratan pemberi kerja dan bagaimana kualifikasimu sesuai dengan persyaratan tersebut.

Jika suatu pekerjaan membutuhkan pengalaman 20 tahun, misalnya, kamu ingin memasukkan lebih dari 10 – 15 tahun riwayat pekerjaan. Cantumkan posisi dari awal karirmu yang relevan dengan peran yang kamu lamar.

Dapat diterima untuk memasukkan 10 – 15 tahun pengalaman di resumemu. Di banyak industri, berbagi pengalaman yang sudah berlangsung lebih dari 15 tahun tidak terlalu membantu untuk mempekerjakan manajer. Itu tidak mendukung pencalonanmu untuk berbagi pengalaman dengan alat dan teknologi yang tidak lagi digunakan.

Baca juga: 3 Poin Ini Bisa Bantu Jawab Pertanyaan Interview: “Kenapa Ingin Bekerja Di Sini?”

Plus, ketika kamu memiliki pengalaman bertahun-tahun, meletakkan semua pengalaman kerjamu dapat menandai dirimu sebagai pencari kerja yang lebih tua kepada pemberi kerja.

Cara Mencantumkan Tanggal di Resume

Opsi 1: Bulan/Tahun
Tanggalmu bekerja di setiap posisi harus dicantumkan di sebelah judul pekerjaan di resume:

Front Desk & Guest Services Operator, September 2019 – Sekarang
– Mempertahankan lingkungan kelas atas untuk semua tamu hotel dan pelanggan konferensi

Customer Service Representative, April 2019 – Agustus 2019
– Melakukan pekerjaan administrasi dan layanan pelanggan di beberapa departemen termasuk operasi, penjualan, dan pusat panggilan pelanggan.

Opsi 2: Tahun
Tanggal kerja spesifikmu (bulan/tahun) tidak perlu dimasukkan dalam resume. Tahun-tahunmu bekerja di setiap posisi dapat dimasukkan:

Asisten Redaksi, 2017 – 2020
ABC Communications, New York, New York

Faktanya, jika kamu sering berpindah pekerjaan, hanya memasukkan tahun, dan meninggalkan bulan, terkadang bisa menjadi cara yang membantu untuk mengecilkan tugas singkat di pekerjaan.

Tinggalkan Balasan