Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sabtu, Oktober 8, 2022
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Kena PHK Saat Pandemi? Begini Cara Atur dan Hemat Uang yang Tersisa

Ilustrasi PHK. Dok/IncIlustrasi PHK. Dok/Inc

Topcareer.id – Semakin banyak orang yang mungkin kehilangan pekerjaan atau bahkan mengurangi jam kerja karena pandemi virus corona. Jika kamu masuk dalam kategori itu dan kini mulai mengandalkan tabungan darurat untuk melewati periode ini, kamu harus pintar dalam membelanjakan uangnya.

Begini cara penasihat keuangan menyarankanmu dalam menganggarkan uang yang tersisa jika kamu kehilangan pekerjaan selama pandemic, seperti dalam laman CNBC.

1. Hilangkan semua pengeluaran yang tidak benar-benar kamu butuhkan

Jika kamu kekurangan uang, hal pertama yang ingin kamu lakukan adalah melihat dengan saksama bagaimana kamu membelanjakan uangmu.

“Hal paling berdampak yang dapat kamu lakukan adalah harus kejam dengan pengeluaran diskresimu dan dengan cepat menghilangkan semua hal yang sepertinya kamu bisa hidup tanpa itu,” kata Kelly Crane, perencana keuangan bersertifikat mengatakan kepada CNBC Make It.

Ini bisa berupa langganan, take-out, pakaian atau elektronik. Hentikan setiap langganan berulang dan upayakan untuk mengurangi belanja online. Menghilangkan biaya-biaya ini tidak harus permanen, tetapi dapat membebaskan sejumlah uang yang sangat dibutuhkan sementara itu.

Crane menambahkan, tetap periksa kembali daftar pengeluaran yang direvisi. Cari hal lain yang bisa kamu tetap bisa jalani sekarang, seperti paket telepon, kabel, layanan kebersihan, atau layanan pengiriman apa pun yang tidak terbatas. “Ini adalah barang-barang yang mungkin penting dalam kehidupan normal tetapi bisa masuk dalam masa resesi.”

2. Prioritaskan sisa pengeluaran

Makanan dan perumahan harus menjadi prioritas utama. Jika kamu khawatir melakukan pembayaran perumahan karena pandemi, mulailah dengan menghubungi pemberi pinjaman jika kamu penyewa untuk membahas opsi pembayaran.

Baca juga: Wajib Tahu! Karier Goal Dan Cara Mencapainya

Ketika sampai pada anggaran makanan, tetaplah pada hal-hal penting. Kamu juga dapat mengikuti panduan ini tentang hal-hal yang tidak perlu diboroskan, termasuk makanan yang biasanya tidak kamu makan.

Setelah memprioritaskan makanan dan perumahan, kamu ingin mengetahui cara terbaik untuk mengatasi tagihan yang lain. Sekali lagi, mulailah dengan tagihan telepon. Hubungi perusahaan utilitas, penyedia internet dan/atau penyedia telepon seluler, dan tanyakan apakah mereka bersedia untuk melepaskan biaya keterlambatan atau dapat menyediakan paket pembayaran dengan bunga rendah.

3. Lakukan pembayaran utang minimum jika kamu bisa

Jika kamu mampu membayar minimum pada saldo kartu kredit, lakukanlah. Jika tidak, kamu mungkin harus membayar biaya dan bunga tambahan, dan skor kreditmu dapat terkena dampak negatif.

Jika Anda benar-benar tidak dapat melakukan pembayaran saat ini, hubungi penerbit kartu segera, kata Westlin. “Tidak ada program bantuan universal, tetapi beberapa penerbit kartu utama menawarkan bantuan kepada pemegang kartu,” katanya.

Kamu juga dapat mempertimbangkan transfer saldo, katanya, yang memungkinkanmu untuk memindahkan saldo kartu kredit dari kartu berbunga tinggi ke kartu yang tidak membebanimu dengan bunga selama periode pengantar 0%.

Tinggalkan Balasan