Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Jumat, September 30, 2022
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Cara Membangun Tim Kerja yang Sukses

Ilustrasi. Sumber foto: industryweek.comIlustrasi. Sumber foto: industryweek.com

Topcareer.id – Membangun tim kerja adalah bentuk seni dan ilmu. Beberapa orang lahir dengan keterampilan untuk melakukannya. Tetapi kebanyakan dari kita harus mengembangkannya.

Sama seperti dalam permainan sepak bola, ada orang-orang yang memiliki keterampilan mengolah bola untuk membawa tim nya mencetak goal.

Membangun tim yang baik itu melibatkan hard skill dan soft skill yang bisa kita pelajari.

Berikut ini tips untuk membangun tim agar dapat melaju bersama dan meraih kesuksesan.

Tips membangun tim kerja yang solid dan sukses

Tetapkan tujuan tim kerja
Tim yang baik memiliki tujuan yang sama. Agar sebuah tim sukses, semua orang dari atas hingga bawah perlu memahami mengapa semua harus memiliki satu tujuan yang sama.

Hal ini memungkinkan anggota tim untuk mengidentifikasi apa yang membuat tim penting bagi organisasi dan membantu dalam menciptakan semangat untuk tujuan tersebut.

Tentukan peran dan tanggung jawab
Setiap anggota tim yang kamu bentuk perlu mengetahui fungsinya. Itu bagian dari teka-teki tim.

Tim harus memiliki campuran sistem dan pemain berbakat agar bisa sukses.

Kuasai seni mengolah orang
Mulailah dengan mencari tahu tentang kekuatan dan kelemahan anggota tim kamu dan pelajari dinamika kelompok.

Sebaiknya berikan umpan balik yang sangat teratur kepada anggota tim kamu dan dorong komunikasi 360 derajat.

Penting juga untuk mencari keragaman seperti jenis kelamin, usia, latar belakang, etnis, saat merekrut atau memilih anggota tim.

Tim yang beragam memiliki peluang lebih baik untuk menciptakan solusi unik dan inovatif dengan cara yang tidak akan terjadi dengan tim yang lebih homogen.

Baca juga: 5 Hal Bodoh yang Dilakukan Bos Saat Tim Kerja dari Rumah

Bekerja dengan contoh
Jika kamu lebih sering bermain atau berleha-leha saat bekerja, selamanya staf kamu akan melakukan hal yang sama.

Namun, jika kamu menempatkan kamu ke dalam pekerjaan, orang lain dalam tim akan mengikutinya secara alami.

Pemimpin yang baik itu bertanggung jawab dan memberi contoh yang baik kepada tim.

Rayakan kesuksesan
Apa pun industri kamu, temukan cara untuk mengukur kesuksesan dalam tim. Ini akan menginspirasi mereka.

Milikilah program pengakuan formal dan informal berbasis individu dan tim dalam setiap operasi.

Luangkan waktu untuk menganalisis apa yang berhasil sehingga dapat direplikasi.

Jangan lupa bahwa ucapan terima kasih yang tulus pada anggota tim akan sangat bermanfaat.

the authorFeby Ferdian

Tinggalkan Balasan