Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sabtu, Februari 4, 2023
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Gaya Hidup Sehat Ini Bisa Bantu Turunkan Tekanan Darah Kamu! (Bagian 2)

running

Topcareer.id – Tekanan darah tinggi (atau hipertensi) adalah salah satu faktor risiko terpenting untuk perkembangan penyakit jantung dan stroke.

Hal ini dapat dipengaruhi oleh banyak faktor, termasuk gen, penyakit seperti penyakit ginjal, obat-obatan tertentu dan gaya hidup.

Bagi kebanyakan orang, faktor gaya hidup memainkan peran terbesar dalam meningkatkan atau menurunkan tekanan darah.

Berikut ini tips hidup sehat agar kamu bisa menjaganya dalam kondisi stabil.

Bagian akhir dari artikel.

Baca juga: Dalam Sehari, Kapan Waktu Terbaik Memeriksa Tekanan Darah?

Menjaga berat badan yang sehat
Mempertahankan berat badan yang sehat adalah salah satu faktor terpenting dalam mengelola tekanan darah kita.

Seiring dengan meningkatnya berat badan, permintaan pompa jantung juga meningkat. Hal ini sering menyebabkan hipertensi.

Aktif secara fisik
Aktivitas fisik telah terus terbukti bermanfaat bagi tubuh dan pikiran. Ini termasuk efek positif pada tekanan darah.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan agar melakukan minimal 150 menit aktivitas sedang (misalnya jalan cepat) atau 75 menit aktivitas berat (misalnya berlari) setiap minggu.

Jangan merokok
Merokok dapat menyebabkan penumpukan bahan lemak di dinding arteri.

Hal ini menyebabkan hipertensi dan dapat menyebabkan penyumbatan di arteri yang meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke.

Salah satu dari banyak manfaat kesehatan dari tidak merokok adalah penurunan risiko tersebut.

Batasi asupan alkohol
Sama seperti merokok, asupan alkohol yang tinggi dapat memiliki beberapa efek kesehatan yang negatif.

Salah satunya adalah peningkatan risiko hipertensi. Tingkat risiko rendah alkohol diperkirakan sekitar 100g alkohol per minggu.

Namun, rekomendasi bervariasi di seluruh negara dan organisasi kesehatan.

the authorFeby Ferdian

Tinggalkan Balasan