Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Senin, Juni 27, 2022
redaksi@topcareer.id
Profesional

Mengenal Profesi Veterinarian Atau Dokter Hewan

Ilustrasi veterinarian atau dokter hewan.

Topcareer.id – Ketika hewan sakit, mereka juga perlu pergi ke dokter. Para hewan sakit ini akan menemui dokter hewan atau veterinarian. Layaknya mendiagnosis dan mengobati penyakit pada manusia, begitu pula yang dilakukan oleh dokter hewan ini.

Apa yang dilakukan dokter hewan?

Dokter hewan atau veterinarian ini merawat semua jenis hewan — hewan peliharaan, ternak, hewan kebun binatang, dan bahkan satwa liar. Mereka memeriksa, mendiagnosis, dan mengobati berbagai penyakit, cedera, dan penyakit lainnya, mengutip Ladders.

Dokter hewan dapat memilih untuk berspesialisasi dalam perawatan spesies atau kelompok hewan tertentu.

Misalnya, beberapa dokter hewan mengkhususkan diri dalam merawat hewan ternak besar seperti kuda atau sapi, sementara yang lain mungkin berfokus pada perawatan berbagai jenis reptil seperti ular dan kadal.

Beberapa dokter hewan mungkin memilih untuk lebih berspesialisasi di bidang ini dan fokus pada operasi khusus, pengobatan darurat, penelitian, dan bahkan keamanan pangan dan inspeksi untuk ternak.

Dokter hewan dapat memberikan salah satu layanan berikut untuk pasien hewan mereka:

Melakukan pemeriksaan kesehatan rutin pada hewan peliharaan, hewan kebun binatang, dan hewan ternak.

Memberikan vaksinasi untuk melindungi hewan peliharaan dan hewan lain dari penyakit.

Menginstruksikan pemilik tentang perawatan yang tepat, kesehatan, dan keselamatan untuk hewan mereka termasuk makanan dan perumahan.

Baca juga: Cara Efektif Bekerja Di Rumah Kontrakan Bersama

Mengobati dan membalut luka hewan.

Resep obat untuk hewan.

Melakukan dan analisis tes laboratorium seperti rontgen, tes darah, dan biopsi untuk membuat diagnosis.

Memberikan perawatan gigi untuk hewan.

Pembedahan memperbaiki patah tulang, cedera, kegagalan organ, dan penyakit lain yang memerlukan pembedahan.

Biasanya dibutuhkan setidaknya 8 tahun untuk menjadi dokter hewan — 4 tahun studi sarjana dan 4 tahun sekolah kedokteran hewan. Beberapa spesialisasi kedokteran hewan, bagaimanapun, mungkin memerlukan pelatihan tambahan dan beberapa tahun lagi sekolah.

Dokter hewan masa depan harus terlebih dahulu memperoleh gelar Sarjana sebelum mendaftar ke sekolah kedokteran hewan. Meskipun tidak ada gelar khusus yang diperlukan, banyak sekolah memiliki persyaratan prasyarat untuk kursus seperti biologi dan kimia.

Mirip dengan masuk ke sekolah kedokteran, dokter hewan harus melalui proses penerimaan yang kompetitif untuk masuk ke program sekolah kedokteran hewan yang terakreditasi.

Tinggalkan Balasan