Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, April 27, 2024
redaksi@topcareer.id
Profesional

Jalur Karier Veterinarian dan Keterampilan yang Dibutuhkan

Keterampilan teknis yang dibutuhkan oleh dokter hewan dan jalur karier yang bisa dipilih.

Topcareer.id – Menjadi dokter hewan layaknya dokter pada umumnya atau dokter gigi di mana mereka akan mempelajari banyak keterampilan teknis yang memang diperlukan di bidangnya. Bagi yang ingin menjadi dokter hewan atau veterinarian, keterampilan apa saja ya yang dibutuhkan? Dan bagaimana dengan jalur karier veterinarian?

Mereka akan belajar cara mengoperasikan berbagai peralatan medis yang diperlukan untuk memeriksa dan merawat hewan termasuk mesin x-ray, mesin ultrasound, dan peralatan bedah, mengutip laman Ladders.

Pekerjaan teknis seorang dokter hewan membutuhkan fokus dan kesabaran yang luar biasa untuk dilaksanakan.

Namun, karena dokter hewan bekerja dengan pasien yang tidak dapat berbicara langsung dengan mereka, kemampuan untuk melatih kualitas seperti kasih sayang, empati, pengamatan, dan keterampilan memecahkan masalah adalah kuncinya.

Kemampuan untuk berkomunikasi secara efektif dengan pemilik hewan peliharaan dan manusia lain yang merawat pasien hewan mereka juga merupakan keterampilan yang dibutuhkan dokter hewan untuk mendiagnosis dan merawat hewan dengan benar.

Baca juga: Cara Positif Menerima Perubahan Di Tempat Kerja

Jalur karier khas untuk dokter hewan

Jalur karier seorang dokter hewan akan sangat bergantung pada jenis perawatan hewan yang mereka pilih untuk menjadi spesialisasi dan jenis lingkungan kerja yang ingin mereka miliki.

Mereka dapat memiliki praktik sendiri, melakukan operasi di rumah sakit hewan, melakukan perjalanan dari satu tempat ke tempat lain bekerja dengan berbagai jenis hewan, atau fokus pada penelitian di lapangan.

Dokter hewan paling sering bekerja di praktik pribadi (baik yang mereka miliki atau dengan sekelompok dokter hewan lain) dengan hewan peliharaan seperti anjing dan kucing atau di lingkungan rumah sakit hewan, tetapi ada berbagai tempat lain di mana dokter hewan dapat bekerja.

Dokter hewan juga dapat merawat hewan di kebun binatang dan akuarium, tempat penampungan hewan, di peternakan dan di dalam suaka margasatwa.

Beberapa dokter hewan juga dapat memilih untuk bekerja di laboratorium, fasilitas penelitian, atau mengajar tentang kedokteran hewan di perguruan tinggi dan universitas.

Leave a Reply