Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, February 27, 2024
redaksi@topcareer.id
Profesional

Mengenal Angel Investors dalam Pendanaan Bisnis, Siapa Mereka?

Ilustrasi Angel Investor yang merupakan bagian dari pendanaan bisnis. (source: Quora)Ilustrasi Angel Investor yang merupakan bagian dari pendanaan bisnis. (source: Quora)

Topcareer.id – Bagi yang ingin berbisnis, kamu akan memulai pendanaan biasanya dari keluarga atau teman. Jika pendanaan dari sumber itu sudah bisa dimanfaatkan, maka selanjutnya adalah Angel Investor. Siapa mereka?

Mengutip laman Business.com, angel investor adalah individu dengan kekayaan bersih tinggi yang menginvestasikan uangnya di startup lokal.

Tidak seperti venture capital, yang mengumpulkan dana dari investor untuk dituangkan ke dalam bisnis baru, angel investor sering kali memiliki ikatan emosional dengan perusahaan yang mereka danai.

“Banyak angel investor adalah wirausahawan itu sendiri dan ingin memberikan kembali kepada komunitas lokal. Mereka menyukai aspek pendampingan,” kata Patrick Gouhin, CEO Angel Capital Association.

Apa itu angel investor?

Biasanya, mereka ini adalah investor terakreditasi, yang berarti mereka memperoleh lebih dari USD200.000 dalam dua tahun terakhir.

Jika itu adalah pasangan yang mengajukan bersama, mereka membutuhkan gaji tahunan setidaknya USD300.000. Dalam kedua contoh, investor terakreditasi membutuhkan total kekayaan bersih USD1 juta atau lebih.

Angel investor cenderung berinvestasi di perusahaan terkait lingkungan, wilayah, atau industri mereka sendiri. Mereka dapat berinvestasi sendiri atau sebagai bagian dari jaringan angel investor. Mereka tidak hanya membuang uang untuk hal besar berikutnya; biasanya ada lebih banyak makna di balik investasi mereka.

Baca juga: Panduan Media Sosial Tahun 2022 Untuk Marketing

“Angel investor ingin berinvestasi dalam sesuatu yang mereka minati. Mungkin sesuatu di halaman belakang mereka sendiri, bisnis lokal, atau industri yang mereka sukai,” kata Adam Burrows, salah satu pendiri dan mitra pengelola di Range Ventures.

Bagaimana cara kerja angel investor?

Angel investor dapat berinvestasi sendiri, sebagai jaringan berbagi informasi dan ide investasi, atau melalui dana di mana setiap orang dalam kelompok menaruh uang.

Dalam kasus terakhir, kelompok pendanaan memutuskan perusahaan mana yang akan diinvestasikan dan berapa banyak. Dengan jaringan itu, para malaikat dapat membuat keputusan investasi mereka sendiri.

Apa sumber utama pendanaan angel investor?

Tidak seperti grup investasi lainnya, angel investor menggunakan uang mereka sendiri untuk bertaruh pada perusahaan yang menurut mereka berpotensi. Ini adalah perbedaan utama mereka dari pemodal ventura, yang mengumpulkan uang dari investor luar untuk meluncurkan dana.

Angel investor mengambil uang dari rekening bank mereka sendiri untuk mendukung bisnis, yang lebih berisiko. Jika VC membuat taruhan yang buruk, tidak ada orang lain selain investor luar yang kehilangan uang mereka sendiri.

Leave a Reply