Find Us on Facebook

Subscribe to Our Channel

https://www.youtube.com/@topcareertv1083

Thursday, November 14, 2024
idtopcareer@gmail.com
Profesional

Miliki 10 Kualitas Ini Untuk Jadi Pemimpin Yang Baik (Bagian 1)

Ilustrasi. Sumber foto: ntuclearninghub.comIlustrasi. Sumber foto: ntuclearninghub.com

Topcareer.id – Para pemimpin dengan kualitas baik akan membantu membentuk negara, komunitas, dan organisasi menjadi lebih maju.

Memimpin dan mengelola suatu unit oganisasi bukanlah pekerjaan sederhana.

Siapapun yang mendapat mandat pada posisi ini sebagai leader harus memiliki kualitas tertentu yang tercermin melalui kinerjanya.

Karena hal tersebutlah yang nantinya akan menentukan kemajuan dan keberlanjutan unit yang dikelolanya.

Menjadi pemimpin artinya seseorang yang melangkah ke depan, mengarahkan, mempengaruhi, mendengarkan, serta berinovasi secara kreatif untuk keberlanjutan (sustainability) dan masa depan yang lebih baik.

Organisasi biasanya cepat mengidentifikasi leader yang buruk, tetapi bagaimana kamu bisa mengidentifikasi leader dengan kualitas baik?

Miliki sepuluh kualitas berikut ini agar kamu bisa menjadi pemimpin yang baik dan menjadi panutan.

Bagian pertama dari artikel:

Integritas
Meskipun tidak selalu menjadi metrik dalam evaluasi karyawan, integritas adalah sifat kepemimpinan yang penting bagi individu dan perusahaan.

Ini sangat penting pemimpin eksekutif tingkat atas yang memetakan arah organisasi dan membuat banyak keputusan penting.

Penelitian menunjukkan bahwa integritas sebenarnya bisa menjadi titik buta yang potensial bagi organisasi.

Pastikan organisasi menekankan pentingnya kejujuran dan integritas kepada para pemimpin di berbagai tingkatan.

Delegasi
Mendelegasikan adalah salah satu tanggung jawab inti seorang pemimpin, tetapi bisa jadi sulit untuk mendelegasikan secara efektif.

Tujuannya bukan hanya untuk membebaskan diri kamu sebagai atasan, namun juga untuk membantu bawahan kamu berkembang.

Mendelegasikan juga bisa memfasilitasi kerja tim, memberikan otonomi, dan menghasilkan pengambilan keputusan yang lebih baik.

Atasan terbaik membangun kepercayaan dengan karyawan untuk mendelegasikan lebih efektif.

Komunikasi
Kepemimpinan yang efektif dan komunikasi yang efektif saling terkait.

Pemimpin terbaik adalah komunikator terampil yang mampu berkomunikasi dalam berbagai cara.

Mampu menyampaikan informasi hingga menginspirasi orang lain hingga melatih laporan langsung.

Sebagai leader juga harus mampu mendengarkan dan berkomunikasi dengan berbagai macam orang di berbagai peran.

Kualitas dan efektivitas komunikasi di antara para pemimpin di seluruh organisasi secara langsung memengaruhi keberhasilan strategi bisnis.

Baca juga: Ini Tiga Karakter Pemimpin yang Dibutuhkan di Era Pandemi

Self awareness
Meskipun ini adalah sifat yang lebih fokus ke dalam, kesadaran diri dan kerendahan hati adalah yang terpenting untuk kepemimpinan.

Semakin baik dalam memahami diri sendiri dan mengenali kekuatan dan kelemahan diri sendiri, semakin efektif kamu dalam memimpin.

Pandai bersyukur
Bersyukur dapat memberikan harga diri yang lebih tinggi, mengurangi depresi dan kecemasan, serta tidur yang lebih baik.

Rasa syukur bahkan bisa membuatmu menjadi pemimpin yang lebih baik.

Namun hanya sedikit orang yang secara teratur mengucapkan “terima kasih” di lingkungan kerja.

Para pemimpin terbaik tahu bagaimana menunjukkan rasa terima kasih yang tulus di tempat kerja.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply