Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, March 19, 2024
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Meski Klasik, Jangan Abaikan 7 Pertanyaan Wawancara Ini (Bagian 2)

Wawacara kerja sering muncul pertanyaan klasik, namun jangan diabaikan.Ilustrasi. Sumber foto: The Balance Careers

Topcareer.id – Di setiap wawancara kerja, selalu ada pertanyaan yang sama muncul berkali-kali, jadi terkesan klasik. Sekalipun wawancara itu merupakan yang paling sederhana. Tapi, sayangnya sangat sedikit orang yang mempersiapkannya.

CEO dari perusahaan perekrutan terbesar di dunia – Korn Ferry, Gary Burnison berbagi beberapa pertanyaan yang terkesan klasik, bahkan sering muncul di tiap wawancara kerja, tapi tidak boleh diabaikan.

4. “Apa pencapaian karier terbesar Anda?”

Ini adalah salah satu pertanyaan klasik yang paling penting untuk dipersiapkan. Memberikan jawaban yang bagus dapat memberimu pekerjaan. Hanya saja, jangan berlarut-larut terlalu lama; menceritakan kisah singkat dengan detail spesifik. Pilih pencapaian yang paling relevan dengan posisi yang kamu wawancarai.

Terakhir, ukur pencapaiannya: Apakah kamu mengurangi pengeluaran? Meningkatkan produktivitas atau pendapatan? Bahkan sesuatu yang memberi perusahaan pengakuan tinggi dalam industrinya maka akan diperhitungkan.

5. “Apa kelemahanmu?”

Perusahaan menginginkan jawaban nyata darimu. Bukan memberi tahu kepada mereka bahwa kamu “bekerja terlalu keras” atau kamu “terlalu peduli”. Siapkan beberapa contoh area yang sedang kamu kerjakan — mungkin sesuatu yang kamu soroti dalam tinjauan kinerja pekerjaan terakhirmu. Atau, hubungi mantan bos dan mintalah pendapat jujur mereka.

Berikut ini contoh jawaban yang sangat baik:

Baca juga: Cara Memutus Pekerjaan Setelah Seharian WFH

“Meskipun ide campaign saya telah membantu menumbuhkan dan mendiversifikasi basis klien kami, saya harus bersandar pada rekan kerja saya dalam hal mengelola kampanye media sosial dan mendesain grafik.”

“Ini adalah dua area yang benar-benar ingin saya tingkatkan. Saya sudah mulai bekerja sangat erat dengan rekan-rekan saya di bidang ini untuk menyerap pengetahuan mereka dan mendapatkan pengalaman. Saya juga mendaftar untuk beberapa kursus desain grafis yang sangat saya sukai.”

6. “Masalah, tantangan, atau kegagalan besar apa yang harus Anda atasi? Bagaimana Anda melakukannya?”

Selain menonjolkan keterampilan dan kompetensi, kamu dapat menunjukkan orientasi tujuan, etos kerja, komitmen pribadi, dan integritas. Mengatasi banyak kesulitan untuk berhasil membutuhkan kualitas-kualitas ini.

7. “Mengapa Anda ingin bekerja di sini?”

Apa yang kamu ketahui tentang perusahaan? Ini adalah kesempatan bagimu untuk mendiskusikan “faktor kecocokan”: Apa yang kamu kagumi tentang perusahaan, misi dan tujuannya, produk dan layanan, serta budayanya.

Jika kamu ingin bekerja lebih keras, lakukan riset tentang orang yang akan kamu laporkan dan bagikan apa yang ingin kamu pelajari dari mereka. Apa yang telah mereka capai sepanjang karier mereka yang ingin kamu capai juga?

Leave a Reply