Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, March 29, 2024
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Meski Klasik, Jangan Abaikan 7 Pertanyaan Wawancara Ini (Bagian 1)

wawancara kerja dengan pertanyaan klasik jangan diabaikan.

Topcareer.id – Di setiap wawancara kerja, selalu ada pertanyaan yang sama muncul berkali-kali, jadi terkesan klasik. Sekalipun wawancara itu merupakan yang paling sederhana. Tapi, sayangnya sangat sedikit orang yang mempersiapkannya.

CEO dari perusahaan perekrutan terbesar di dunia – Korn Ferry, Gary Burnison berbagi beberapa pertanyaan yang terkesan klasik, bahkan sering muncul di tiap wawancara kerja, tapi tidak boleh diabaikan.

1. “Ceritakan tentang diri Anda.”

Terlalu banyak orang menanggapi pertanyaan ini dengan mengeluarkan semua yang ada di resume mereka. Bukan itu yang ingin didengar pewawancara. Jawaban terbaik — dan paling berkesan — yang pernah Gary terima untuk pertanyaan ini adalah: “Saya telah mendaki gunung tertinggi di setiap benua, termasuk Everest.”

Kandidat ini menunjukkan siapa dia sebenarnya di luar selembar kertas: orang yang suka berpetualang, ingin tahu, berorientasi pada tujuan, dan disiplin. Bicaralah selama sekitar 30 detik, lalu biarkan pewawancara merespons. Tujuannya adalah untuk membuat percakapan.

“Ketika saya bertanya kepada pendaki ini tentang pemikiran pertama yang terlintas di kepalanya saat mencapai puncak, dia tidak mengatakan bagaimana dia telah melakukan sesuatu yang kebanyakan dari kita bahkan tidak bisa renungkan,” kata Gary dikutip dari laman CNBC Make It.

Baca juga: Tak Perlu Bicara Gaji Di Kantor Pada Waktu-Waktu Ini

2. “Dapatkah Anda menggambarkan situasi di mana Anda mengambil inisiatif untuk mencapai suatu tujuan?”

Pewawancaramu mendengarkan contoh bagaimana kamu proaktif dan berorientasi pada hasil. Jelaskan motivasimu dan bagaimana kamu menggunakan kreativitasmu untuk memecahkan masalah atau mengidentifikasi peluang.

3. “Nilai apa yang kamu bawa?”

Ini bisa menjadi hal yang sulit karena tidak terlalu jelas. Tetapi kuncinya adalah memilih dua atau tiga kualifikasi utama untuk pekerjaan itu dan menjelaskan bagaimana kamu bisa memenuhinya.

Untuk posisi yang lebih junior, kamu perlu menghabiskan lebih banyak waktu berbicara tentang keterampilan teknis. Tetapi jika kamu lebih jauh dalam kariermu, maka fokuslah untuk menyoroti bagaimana kamu mengelola, bekerja dengan memotivasi, dan terlibat dengan orang lain.

Leave a Reply