Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Rabu, Februari 1, 2023
redaksi@topcareer.id
Tren

Negara-negara Asia Mulai Cabut Aturan dan Karantina COVID-19, Indonesia Termasuk?

Singapura.  Dok/Ft.comSingapura. Dok/Ft.com

Topcareer.id – Singapura mengatakan pada hari Kamis (24/3) akan mencabut persyaratan karantina untuk semua pelancong yang divaksinasi penuh mulai bulan depan, bergabung dengan serangkaian negara di Asia yang bergerak lebih tegas menuju pendekatan “hidup berdampingan dengan virus.”

Perdana Menteri Lee Hsien Loong juga akan menghapus persyaratan untuk mengenakan masker di luar ruangan dan mengizinkan orang untuk berkumpul.

“Perjuangan kami melawan COVID-19 telah mencapai titik balik besar,” kata Lee dalam pidatonya.

“Kami akan membuat langkah tegas menuju hidup berdampingan dengan COVID-19.”

Singapura adalah salah satu negara pertama yang beralih dari strategi penahanan ke new normal COVID untuk 5,5 juta penduduknya.

Sekarang, ketika lonjakan infeksi yang disebabkan oleh varian Omicron mulai mereda di banyak kawasan dan tingkat vaksinasi meningkat, Singapura dan negara-negara lain menghapus sejumlah aturan jarak sosial.

Singapura mulai mencabut pembatasan karantina untuk pelancong yang sudah divaksinasi lengkap dari negara-negara tertentu pada bulan September dengan 32 negara dalam daftar.

Jepang mencabut pembatasannya minggu ini yang diberlakukan di Tokyo dan 17 prefektur lainnya yang memiliki jam makan terbatas.

Korea Selatan, di mana infeksi COVID minggu ini mencapai 10 juta namun terlihat stabil, kembali melonggarkan aturan jam malam di restoran-restoran menjadi 11 malam.

Korsel juga berhenti memberlakukan sertifikat vaksin dan mencabut karantina untuk pelancong yang sudah divaksinasi lengkap dari luar negeri.

Indonesia tak ketinggalan mencabut persyaratan karantina untuk semua kedatangan dari luar negeri minggu ini.

Negara tetangga Indonesia di Asia Tenggara seperti Thailand, Filipina, Vietnam, Kamboja, dan Malaysia mengambil tindakan serupa.

Kini semuanya tengah berusaha membangun kembali sektor pariwisata yang telah luluh lantak dihantam badai pandemi.

Indonesia juga mencabut larangan mudik untuk merayakan Idul Fitri namun ada wacana syarat vaksin booster sebagai pengganti pencabutan larangan.

Baca juga: Indonesia Hapus Karantina Bagi Pendatang Dari Luar Negeri

Australia akan mencabut larangan masuknya untuk kapal pesiar internasional bulan depan.

Negeri kangguru itu juga secara efektif akan mengakhiri semua larangan perjalanan terkait COVID-19 setelah dua tahun.

Di belakang Australia ada New Zealand yang pekan ini mengakhiri izin wajib vaksin untuk mengunjungi restoran, kafe, dan ruang publik lainnya.

Mereka juga akan mencabut mandat vaksin untuk sejumlah sektor mulai 4 April 2022 dan membuka perbatasan bagi mereka yang menjalani program bebas visa mulai Mei.

Hong Kong, yang mencatat kematian paling banyak secara global dalam beberapa pekan terakhir, berencana untuk melonggarkan beberapa tindakan bulan depan.

Negara kota itu akan mencabut larangan penerbangan dari sembilan negara, mengurangi masa karantina dan membuka kembali sekolah.

the authorFeby Ferdian

Tinggalkan Balasan