Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, April 27, 2024
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

10 Tips untuk Bekerja Lebih Cerdas (Bagian 1)

Young businesswoman working in the lobby of a modern business building, with copy space.

Topcareer.id – Tidak peduli seberapa keras kamu bekerja, jika tidak bekerja dengan cerdas, dalam beberapa hari tumpukan tugas kamu tidak akan pernah selesai.

Sudah banyak cara kamu lakukan untuk menyelesaikan banyak tugas, namun tetap saja tugas lain menyusul hingga menggunung di meja kerjamu.

Coba pikirkan kembali apakah cara kamu dalam menangani pekerjaan sehari-hari di tempat kerja sudah cukup cerdas dan efisien?

Bagi kamu yang selalu terjebak dengan tumpukan tugas dan kebingungan harus bagaimana lagi, tenang, masih ada cahaya di ujung jalan.

Berikut ini ada sepuluh strategi sederhana yang kamu bisa coba terapkan untuk bekerja lebih cerdas.

Strategi kerja cerdas ini akan membantumu dalam merampingkan cara kamu bekerja dan menghasilkan produktivitas tanpa harus bekerja lembur.

Bagian pertama dari artikel:

Rencanakan secara strategis
Tulis daftar tugas baru setiap hari dan pegang sepanjang hari agar kamu bisa memperbaruinya dan memeriksa tugas selanjutnya setelah kamu menyelesaikan pekerjaan.

Selalu siapkan pena dan kertas, termasuk di samping tempat tidurmu, segera tuliskan jika mengingat sesuatu di malam hari atau menemukan ide bagus untuk bekerja.

Mulai lebih awal
Mulailah hari kamu lebih awal untuk bekerja. Kamu akan bisa memulai hari dengan relatif tenang.

Selain itu kamu juga bisa cepat mencoret beberapa pekerjaan dari daftar tugas bahkan sebelum rekan kerjamu datang.

Hal ini akan membuat kamu tetap termotivasi sepanjang hari.

Tentukan prioritas kamu dengan benar
Selesaikan pekerjaan terpenting kamu terlebih dahulu.

Semua pekerjaan yang relevan dengan tujuan, sasaran strategis, dan indikator kinerja utama kamu harus jadi prioritas.

Belajarlah untuk mengatakan tidak pada permintaan yang tidak penting dari rekan kerja.

Jangan pernah buang waktu untuk menyempurnakan pekerjaan kecil lain ketika waktu kamu bisa lebih berguna untuk menyelesaikan tugas prioritas.

Baca juga: Cara Efektif Bekerja di Rumah Kontrakan Bersama

Kuasai seni delegasi
Beberapa orang menganggap mendelegasikan tugas itu sederhana, sementara yang lain merasa sulit untuk mempercayakan tugas kepada orang lain.

Namun, belajar untuk meneruskan proyek kepada bawahan sangat penting, tidak hanya untuk pengembangan kamu sendiri, tetapi juga untuk tim.

Dengan mendelegasikan pekerjaan, kamu bisa merampingkan tugas harianmu dan fokus pada proyek yang paling penting.

Hal ini juga memungkinkanmu untuk mempromosikan rasa kebersamaan dengan sesama karyawan.

Tetapkan tenggat waktumu sendiri
Tenggat waktu sangat penting untuk membantumu fokus dan membuat kamu tetap terkendali.

Bagilah proyek besar menjadi bagian yang lebih mudah dikelola dan tentukan sendiri batas waktu untuk setiap tugas ini.

Praktik menetapkan tenggat waktu dan memenuhinya juga akan mengembangkan keterampilanmu yang penting untuk kesuksesan karier profesional.

the authorFeby Ferdian

Leave a Reply