Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sabtu, Januari 28, 2023
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

10 Tips untuk Bekerja Lebih Cerdas (Bagian 2)

cropped-work-development.png

Topcareer.id – Tidak peduli seberapa keras kamu bekerja, jika tidak bekerja dengan cerdas dalam beberapa hari tumpukan tugas kamu tidak akan pernah selesai.

Sudah banyak cara kamu lakukan untuk menyelesaikan banyak tugas, namun tetap saja tugas lain menyusul hingga menggunung di meja kerjamu.

Coba pikirkan kembali apakah cara kamu dalam menangani pekerjaan sehari-hari di tempat kerja sudah sudah cukup cerdas dan efisien?

Bagi kamu yang selalu terjebak dengan tumpukan tugas dan kebingungan harus bagaimana lagi, tenang, masih ada cahaya di ujung jalan.

Berikut ini ada sepuluh strategi sederhana yang kamu bisa coba terapkan untuk bekerja lebih cerdas.

Strategi kerja cerdas ini akan membantumu dalam merampingkan cara kamu bekerja dan menghasilkan produktivitas tanpa harus bekerja lembur.

Lanjutan dari bagian pertama artikel:

Waktu konsentrasi
Jadwalkan waktu setiap hari meskipun hanya 30 menit, di mana kamu tidak dapat diganggu kecuali dalam keadaan darurat.

Gunakan waktu itu untuk fokus, konsentrasi, melibatkan diri, dan menyelesaikan tugas-tugas penting dengan cepat.

Teratur dan rapi
Jangan abaikan email; namun melakukannya hanya akan menambah beban kerja kamu. Lalu harus bagaimana?

Menghadapi kotak masuk di email, biasakan untuk menyortir setiap email dan memindahkannya ke file yang tertunda untuk nantinya kamu follow up.

Taktik organisasi yang sederhana namun efektif ini akan membantu kamu mengendalikan semua pesan masuk dengan lebih rapi dan teratur.

Sistem pengarsipan yang efisien adalah praktik kerja yang cerdas dan efektif serta menjadi bagian dari keterampilan organisasi yang baik.

Pastikan folder pekerjaan tetap up-to-date dan rapi untuk mengurangi perasaan kewalahan oleh desktop yang berantakan.

Tentukan jam panggilan telepon
Tentukan waktu kapan kamu akan melakukan atau membalas panggilan telepon dan menjadwalkannya ke dalam kalender kamu.

Selain itu, dengan memberi tahu kontak kamu kapan waktu terbaik untuk menghubungimu, bisa mengurangi gangguan yang tidak perlu.

Kamu juga tidak akan dibombardir dengan panggilan yang dapat mengalihkan perhatian kamu sepanjang hari.

Baca juga: Dengan 3 Kata Ini, Kamu Bisa Jadi Pemimpin yang Cerdas Emosional

Terorganisir, tetapi fleksibel
Tidak peduli seberapa hati-hatinya kamu dalam membuat rencana kerja, terkadang kamu harus menyimpang dari proyek yang membutuhkan perhatian mendesak.

Ketika jadwal kamu tidak berjalan sesuai rencana, bersikaplah fleksibel dan bersedia untuk menilai kembali tugas kamu untuk hari itu.

Bereskan meja kerja dan nikmati waktu istirahat
Sebelum kamu pulang meninggalkan tempat kerja untuk hari itu, cobalah luangkan waktu untuk merapikan meja kerja.

Selain membuatmu lebih terorganisir, kamu juga bisa sambil mempersiapkan hari berikutnya.

Dengan cara ini kamu akan bisa menikmati waktu istirahat malam dengan santai karena mengetahui bahwa esok pagi kamu tidak akan terburu-buru.

Nah, jadi sebelum kamu mulai bekerja lagi selama 14 jam sehari atau menjadi stres karena inbox yang tidak terkendali atau desktop yang berantakan, coba terapkan sepuluh tips di atas.

Sebagai bonus tambahan, kamu mungkin akan menemukan bahwa tips tersebut memiliki efek positif pada kehidupan pribadi dan profesional kamu.

the authorFeby Ferdian

Tinggalkan Balasan