Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Selasa, September 27, 2022
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Tips Kerja dengan Teman Kantor yang Nggak Kamu Suka (Bagian 1)

Tisp bekerja dengan rekan kantor yang nyebelin.Ilustrasi. (dok. NYC Offices Suites)

Topcareer.id – Pekerjaanmu pasti akan sangat efektif dan produktif jika bekerja dengan teman kantor yang kamu sukai, atau sama-sama cocok. Ini akan jadi tempat yang bagus untuk bekerja. Tapi sayang, lebih seringnya kamu tidak bisa memilih dengan siapa kamu bekerja.

Kadang, kamu akan terjebak dengan teman kantor yang seringnya tidak sejalan denganmu, atau tidak kamu sukai bahkan kamu benci. Kalau sudah begini, bagaimana kamu bisa bertahan di kantor? Berikut ini 6 tips bergaul dengan orang yang kamu tidak sukai di kantor.

1. Dokumentasikan perilaku buruk rekan kerja yang tidak disukai

Mia dulu bekerja dengan seorang wanita yang dia tidak tahan. Awalnya, dia mengira itu hanya kepicikannya sendiri. Dia cantik dan cerdas dan dengan cepat menaiki tangga perusahaan. Apakah dia hanya cemburu? Mia meyakinkan dirinya sendiri bahwa itulah masalahnya—dia tidak menyukainya karena dia hanya cemburu.

Nah, itulah alasan mengapa kamu tidak menyukai rekan kerja, tetapi dalam kasus ini, ternyata bukan itu alasan sebenarnya. Ketika dia berbohong kepada senior di departemen lain tentang pekerjaan yang telah dilakukan Mia, dia menyadari bahwa rekan kerjanya adalah orang yang mengerikan.

Tapi, Mia masih harus bekerja dengannya. Mereka adalah teman sebaya. Mia mencintai pekerjaannya dan ingin tetap di dalamnya. Jadi, dia secara aktif mengubah interaksinya dengan rekan kerja.

Mengetahui bahwa dia tidak kesulitan berbohong tentang percakapan apa pun, Mia berhenti berbicara secara langsung dan berkomunikasi melalui email sehingga setiap interaksi didokumentasikan.

Baca juga: Meski Klasik, Jangan Abaikan 7 Pertanyaan Wawancara Ini (Bagian 2)

2. Identifikasi apakah dirimulah sebenarnya masalahnya

Terkadang alasanmu tidak menyukai teman kantor adalah karena orang tersebut memiliki kebiasaan buruk yang sama denganmu. Ketika mereka memantulkan kembali padamu, kamu tidak menyukainya.

Terkadang, kamu tidak menyukai rekan kerja karena orang itu selalu mengkritik kamu atau memberi tahumu apa yang harus dilakukan. Tanyakan pada diri sendiri apakah keluhannya valid.

Misalnya, ketika musuh kantormu berkata, “Apakah Anda akan menyelesaikan laporan itu tepat waktu?” apakah dia pilih-pilih dan cerewet atau apakah kamulah yang terlambat menyelesaikan laporan selama tiga bulan terakhir? Jika memang begitu, kamu dapat memperbaiki hubungan dengan memperbaiki perilakumu sendiri.

3. Cobalah pelajari tentang rekan kerja yang tidak kamu sukai itu

Ketika kamu mengetahui apa yang menyebabkan rekan kerjamu tergerak, kamu mungkin lebih menyukainya. Misalnya, rekan kerjamu yang pemarah sepanjang waktu mungkin baru saja mengalami perceraian yang mengerikan di mana dia kehilangan hak asuh atas anak-anaknya. Maklum, jika dia tidak bahagia saat ini.

Mungkin manajemen melewatinya untuk promosi tiga kali berturut-turut. Mungkin dia memiliki cinta yang mendalam dan abadi untuk kucing dan hanya ingin membicarakannya.

Segalanya mungkin dan itu tidak membuat orang itu lebih baik, tetapi itu membuatmu melihat seperti apa rekan kerjamu secara keseluruhan. Dan itu dapat membantumu belajar menyukai rekan kerja.

Tinggalkan Balasan