Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, March 29, 2024
redaksi@topcareer.id
Profesional

Kalau Mau Jadi CTO, Bekali Diri dengan Kemampuan Ini

Ilustrasi Chief Technology Officer (CTO).

Topcareer.id – Peran Chief Technology Officer (CTO) penting bagi perusahaan karena mereka adalah bagian dari pemimpin. Tentu menjadi CTO bukan kerja dalam semalam.

Mereka yang menyukai semua hal terkait IT kemungkinan besar sudah memiliki pengetahuan yang dibutuhkan untuk mendapatkan posisi di perusahaan. Kamu juga harus memulai dari yang kecil, mempelajari seluk beluknya, seperti keterampilan apa yang dibutuhkan untuk menjadi CTO.

Matt Mead, CTO dari konsultan digital SPR yang berbasis di Chicago, mengatakan bahwa salah satu perbedaan terpenting dari peran CTO adalah fokusnya pada masa depan. Mead mengatakan bahwa dia biasanya merencanakan tiga atau bahkan enam bulan ke depan.

Ini memberi perusahaan arahan, dan itu juga berarti CTO perlu terus-menerus mengetahui pembaruan teknologi yang ada. Mead mengatakan ini bisa menjadi tugas yang berat, apalagi software seperti Microsoft Azure dan Amazon Web Services mengalami perubahan dan pembaruan yang konstan.

“Jika saya harus menyederhanakan peran saya menjadi satu kalimat, itu untuk menjaga SPR tetap relevan. Artinya kita harus … melihat ke cakrawala dan mengawasi hal-hal yang akan datang – alat, teknik dan teknologi, khususnya,” kata dia, dikutip dari laman Business News Daily.

Baca juga: Top 10 Kekuatan Militer Di Dunia Saat Ini (Bagian 2)

Ini juga berarti CTO perlu menguasai tren teknologi yang muncul untuk memindahkan bisnis (atau klien) ke posisi paling sukses. Ruang dan tenaga yang dibutuhkan untuk menjalankan pusat data fisik sangat besar.

Pada titik tertentu, tidak akan ada lagi ruang untuk membangun pusat data baru, tetapi permintaan akan penyimpanan data akan terus meningkat. Bagaimana para pimpinan bidang teknologi ini menangani perubahan seperti itu dalam manajemen data?

“Kami memiliki rencana tahunan kami, dan kami membaginya ke area yang ingin kami kerjakan,” kata Mead.

“Saya merasa seperti saya benar-benar memahami dengan baik apa yang kami coba lakukan secara organisasi, sehingga strategi yang saya terapkan cocok dan sejalan dengan prioritas kami sebagai sebuah organisasi.”

Dengan menangani arah dan visi ke depan, CTO dapat bekerja sama dengan CEO untuk memastikan ada kemajuan menuju tujuan akhir perusahaan.

Ini berarti bahwa CTO harus sejajar dengan kepala eksekutif lainnya, menurut Mead. Hal ini memungkinkan kepemimpinan perusahaan untuk berkolaborasi dalam keputusan keuangan dan arah perusahaan.

Leave a Reply