Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, April 25, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Wow! Gaji CEO Intel 1.711 Kali Lipat dari Rata-Rata Pekerjanya

CEO Intel, Patrick Gelsinger.CEO Intel, Patrick Gelsinger. (source: Inc)

Topcareer.id – Chief Executive Officer (CEO) Intel, Pat Gelsinger memperoleh gaji 1.711 kali lipat dari rata-rata gaji pekerja di pembuat chip AS itu, bahkan hanya dalam 11 bulan sejak ia bergabung pada Februari 2021 lalu.

Hal itu menurut regulatory filing pada Rabu (30/3/2022), yang juga menunjukkan bahwa mantan CEO sebelumnya, Bob Swan, mendapatkan 217 kali lebih banyak dari rata-rata karyawan Intel pada tahun 2020.

Gelsinger memperoleh USD178,6 juta pada tahun 2021 dengan penghargaan saham mencapai hampir 79 persen dari total kompensasinya, yang sekitar 698 persen lebih tinggi dari gaji Swan tahun 2020.

Gaji eksekutif telah meningkat di Amerika Serikat. CEO Apple Inc, Tim Cook, memperoleh 1,447 kali gaji rata-rata karyawan di raksasa teknologi itu pada tahun 2021. Para pemegang saham Apple menyetujui paket pembayaran meskipun firma penasihat proksi Institutional Shareholder Services menentangnya.

Intel telah meminta pemegang saham untuk memberikan suara yang mendukung kompensasi eksekutifnya pada pertemuan pemegang saham tahunan pada 12 Mei.

Baca juga: Terkuak! Ini Kunci Untuk Temukan Alien Di Planet Lain

Setelah Gelsinger mengambil alih kendali di Intel, yang pernah menjadi pemimpin dunia dalam teknologi pembuatan chip, ia meluncurkan strategi perubahan haluan bagi perusahaan untuk mendapatkan kembali dominasinya di industri semikonduktor, yang saat ini dipimpin oleh Taiwan Semiconductor Manufacturing Taiwan.

Awal bulan ini, Intel memaparkan rincian pertama dari rencana investasi senilai USD88 miliar yang mencakup enam negara Uni Eropa termasuk investasi besar-besaran di Jerman.

Gelsinger adalah CEO VMWare Inc sebelum dia kembali ke Intel sebagai bos puncaknya. Dia telah menghabiskan 30 tahun di Intel sebelum pergi.

Kompensasinya termasuk satu kali penghargaan ekuitas karyawan baru dengan nilai target sekitar USD110 juta, menurut pengarsipan.

Leave a Reply