Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sabtu, Februari 4, 2023
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

10 Font yang Direkomendasikan untuk Resume (Bagian 1)

Font resume yang baik.

Topcareer.id – Satu keputusan kecil dalam mencari pekerjaan, termasuk dalam membuat resume tak bisa disepelekan. Keputusan kecil yang bisa membuat perbedaan apakah resume-mu menjadi perhatian atau mlaha diabaikan, yaitu font resume.

Memilih font yang salah, maka resume-mu bisa mendarat di dasar tong sampah – terlepas dari keahlian dan pengalamanmu selama bertahun-tahun, menurut Steven Davis, pelatih karier dengan The Muse dan J.P. Morgan Chase.

“Kami hanya memiliki satu kesempatan untuk membuat kesan pertama, jadi ketika seseorang membuka (resume), delapan atau sembilan detik pertama adalah kesan pertama itu. Jika fontnya tidak menarik dan enak dipandang, orang itu mengklik dokumen dan kandidatnya bersulang,” kata dia.

Berikut font terbaik yang bisa digunakan dalam resume, menurut ahli resume dan karier.

1. Calibri

Setelah menggantikan Times New Roman sebagai font default Microsoft Word, Calibri adalah pilihan yang sangat baik untuk font sans-serif yang aman dan dapat dibaca secara universal.

Davis menggambarkan jenis huruf sebagai “font pilihan” ketika bekerja dengan klien. Penulis resume profesional Donna Svei, juga pendukung kuat Calibri, mencatat di blognya betapa mulusnya tampilan di layar komputer.

2. Cambria

Font serif ini adalah bahan pokok Microsoft Word lainnya. Dibuat kembali pada tahun 2004, jenis huruf ini dirancang untuk bekerja dengan baik untuk “pembacaan di layar dan terlihat bagus saat dicetak dalam ukuran kecil.”

Christian Eilers, seorang ahli resume di Zety, mengatakan bahwa font adalah pilihan yang bagus untuk resume dan surat pengantar, bahkan jika itu sering dianggap sebagai salah satu opsi yang lebih “tradisional”.

Baca juga: Keuntungan Adanya Kesetaraan Di Tempat Kerja

3. Garamond

Pencari kerja yang mencari font gaya lama mungkin ingin mempertimbangkan untuk menggunakan Garamond untuk resume mereka. Dinamakan setelah desainer tipe Prancis abad ke-16 Claude Garamont, jenis huruf ini adalah “pilihan yang bagus untuk resume akademik dan bagi mereka yang memiliki pengalaman kerja bertahun-tahun,” tulis Anastasia Belyh di Cleverism.

4. Didot

Jika kamu bekerja di industri kreatif seperti fashion atau fotografi, kamu dapat menunjukkan gaya dan kecanggihanmu dengan font Didot. Postingan blog Canva Design School menyebut tipe huruf serif ini “khas dan berkelas”, memuji tampilan kelas atas.

Namun, penulis Janie Kliever memperingatkan pencari kerja bahwa, karena serif halus paling baik ditampilkan pada ukuran yang lebih besar, kamu perlu menggunakan Didot hanya untuk judul di resume.

5. Georgia

Jika kamu menginginkan alternatif yang tampak tradisional dari Times New Roman yang sering digunakan, pertimbangkan untuk beralih ke Georgia. Infografis Universitas Teknik Colorado di Mashable merekomendasikan penggunaan Georgia karena keterbacaannya: Font dirancang untuk dibaca di layar dan tersedia di komputer mana pun.

Tinggalkan Balasan