Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, April 20, 2024
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

10 Font yang Direkomendasikan untuk Resume (Bagian 2)

Jasa penulis resume profesionalILustrasi. (dok. CareerAddict)

Topcareer.id – Satu keputusan kecil dalam mencari pekerjaan, termasuk dalam membuat resume tak bisa disepelekan. Keputusan kecil yang bisa membuat perbedaan apakah resume-mu menjadi perhatian atau mlaha diabaikan, yaitu font resume.

Memilih font yang salah, maka resume-mu bisa mendarat di dasar tong sampah – terlepas dari keahlian dan pengalamanmu selama bertahun-tahun, menurut Steven Davis, pelatih karier dengan The Muse dan J.P. Morgan Chase.

“Kami hanya memiliki satu kesempatan untuk membuat kesan pertama, jadi ketika seseorang membuka (resume), delapan atau sembilan detik pertama adalah kesan pertama itu. Jika fontnya tidak menarik dan enak dipandang, orang itu mengklik dokumen dan kandidatnya bersulang,” kata dia.

Berikut font terbaik yang bisa digunakan dalam resume, menurut ahli resume dan karier.

6. Helvetica

Font sans-serif yang bersih, modern, adalah favorit di antara para desainer dan tipografer. Helvetica muncul di berbagai logo merek perusahaan (Jeep, Panasonic, dan Lufthansa). Dalam sebuah artikel di Bloomberg Business, pakar tipografi Brian Hoff dari Brian Hoff Design menggambarkannya sebagai “profesional, ringan, dan jujur.”

7. Arial

Jika kamu ingin menggunakan font sans-serif, Arial dianggap oleh banyak orang sebagai hal paling aman. Barbara Safani, penulis resume eksekutif, pelatih karier, dan presiden Career Solvers, mengatakan kepada AOL Jobs bahwa dia suka melihat font Arial karena garisnya bersih dan mudah dibaca.

Baca juga: 5 Tips Jitu Mempertahankan Pekerjaan Setelah Direkrut

Meskipun sebagian besar masih dianggap sebagai pilihan yang baik, perlu dicatat bahwa Arial telah umum bagi beberapa manajer perekrutan yang bisa membuat bosan.

8. Book Antiqua

Berdasarkan Palatino klasik, Book Antiqua memiliki gaya “khas dan lembut” yang bagus untuk siapa saja yang ingin menggunakan font serif tanpa harus bergantung pada Times New Roman. Karena sudah tersedia di mesin Microsoft, jenis huruf ini akan mudah dibaca di layar.

9. Trebuchet MS

Pencari kerja yang menginginkan jenis huruf sans-serif tetapi tidak ingin menggunakan Arial atau Verdana dapat beralih ke Trebuchet MS. Menurut ZipJob, font ini dirancang khusus untuk tampil baik di layar. Ini juga sedikit lebih bertekstur dan tampak modern daripada banyak font resume tradisional.

10. Tahoma

Dirancang sebagai font standar dalam rilis asli Windows 95, Tahoma dianggap sebagai jenis huruf “humanis sans-serif”, yang berarti meniru bentuk huruf tradisional. Ini sangat mirip dengan Verdana dalam gaya, meskipun kamu akan melihat itu memiliki nuansa yang lebih sempit secara keseluruhan.

Leave a Reply