Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Kamis, Februari 9, 2023
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Tanya 3 Hal Ini ke Diri Sendiri Sebelum Terjun Cari Kerja

sebelum mencari kerja, perlu bertanya 3 hal ini dulu.

Topcareer.id – Jika kamu baru saja resign di masa pandemi ini, kamu sudah pasti langsung ingin terjun dalam pencarian kerja. Tapi, sebelum itu kamu perlu mencari tahu apa yang paling penting bagimu dalam pekerjaan baru.

Kamu bisa mencaritahunya dengan mengajukan beberapa pertanyaan penting kepada diri sendiri. Pelatih karier dan kehidupan di perusahaan konsultan, Jacqueline Mitchell mengatakan bahwa pencarian pekerjaan itu seperti berkencan.

“Ini adalah hubungan yang kamu jalani. Jika kamu tidak tahu jenis hubungan apa yang kamu inginkan, dan kamu pergi ke sana untuk mencari hubungan itu, kamu akan ditawari begitu banyak hal berbeda yang tidak selaras dengan nilai-nilaimu,” kata Mitchell.

Mitchell mengatakan ini adalah beberapa pertanyaan yang paling penting untuk bertanya pada diri sendiri sebelum melamar kerja.

“Apa batasan saya?”

Pertama, Mitchell merekomendasikan untuk bertanya pada diri sendiri, ‘Apa batasan saya?’

“Selama proses wawancara, banyak orang tidak menyadari bahwa bagaimana melalui proses wawancara, bagaimana kamu dalam mengajukan pertanyaan dan caramu menyatakan siapa dirimu, juga bagaimana kamu melakukan sesuatu, kamu menetapkan batasanmu di sana,” kata Mitchell, mengutip laman CNBC Make It.

Batasan di tempat kerja, apakah kamu bekerja secara langsung atau jarak jauh, dapat mencakup batasan fisik, emosional, atau mental apa pun yang membuatmu tidak terlalu berkomitmen atau kehabisan tenaga. Apakah kamu hanya ingin bekerja dari jam 9 pagi sampai jam 5 sore? Apakah kamu membutuhkan fleksibilitas kerja dari rumah?

“Batas adalah pemeliharaan diri dan perawatan diri. Batas membantumu menavigasi dunia ini, baik itu profesional maupun pribadi.”

Baca juga: Begini Cara Supaya Tidak Frustrasi Di Tempat Kerja

“Apa nilai-nilai yang saya miliki?”

Mitchell mengatakan, menetapkan nilai penting untuk pekerjaan yang akan kamu lakukan. Apakah akan ada proyek kolaboratif untuk bekerja dengan rekan-rekan? Apakah ada peluang untuk mempelajari keterampilan baru dan meningkatkan bakat? Apakah peran tersebut memungkinkan kemajuan karier di masa depan?

Ia menambahkan, kamu harus bertanya pada diri sendiri apa nilai-nilai dirimu sebelum melamar pekerjaan, atau seperti berkencan, kamu akan berakhir dengan pasangan yang tidak kamu sukai.

“Kehidupan apa yang ingin saya jalani?”’

Deborah Grayson Riegel, pakar manajemen yang mengajar di Wharton and Columbia Business Schools, mengatakan bahwa dia merekomendasikan orang untuk berpikir tentang bagaimana mengubah pekerjaan akan sesuai dengan tujuan hidup mereka.

Apakah kamu membayangkan tinggal di loteng di kota besar atau rumah dengan kolam renang, mungkin dengan anak-anak atau tiga anjing atau dua kucing, atau bahkan mengemudi melintasi negara dengan RV?

Jika kamu menginginkan salah satu atau semua hal ini, bagaimana langkah kariermu berikutnya dapat membantumu mencapai tujuan ini?

Jika baru memulai karier, tujuan ini mungkin tidak mudah dicapai dengan pekerjaan pertama atau bahkan dalam lima tahun ke depan, Grayson Riegel mengatakan bahwa memiliki tujuan adalah langkah pertama. Kemudian kamu dapat mengkonfigurasi ulang tujuanmu seiring berjalannya waktu.

Tinggalkan Balasan