Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Wednesday, April 24, 2024
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Ngelamar Kerja Setelah PHK Pandemi? Bagaimana Isi Resume-nya?

Dok. Money.com

Topcareer.id – Jika kamu termasuk di antara jutaan orang yang kehilangan pekerjaan atau kena PHK karena pandemi, kamu mungkin bertanya-tanya bagaimana cara menyajikan informasi ini selama pencarian kerja sehingga jelas kamu tidak menganggur karena alasan terkait kinerja.

Penulis resume Virginia Franco dalam laman Huff Post menyarankan orang-orang untuk berterus terang tentang PHK terkait virus corona karena kamu tidak pernah ingin memberikan petunjuk bahwa itu bisa berhubungan dengan kinerja. “Jika ada keraguan, cukup jelaskan,” kata Franco.

Franco merekomendasikan untuk melakukan ini di bagian pengalaman resume di bawah pekerjaan Anda yang terbaru, tanggal di mana kamu bekerja di sana, jabatan, dan nama perusahaan. Tepat di bawah informasi itu, dalam paragraf baru, kamu harus menggambarkan keadaan PHK-mu seperti apa.

“Saya biasanya menggunakan kalimat pertama itu untuk mengatakan,‘ Di sinilah saya membuat dampak terbesar saya. Inilah yang paling saya banggakan.’ Tidak apa-apa untuk menandai frasa masa lalu sedikit di akhir itu, mengatakan posisi kamu hilangkan,” kata Franco.

Ashley Watkins, seorang pelatih pencarian kerja dengan pengalaman merekrut perusahaan, juga mengatakan dia merekomendasikan menambahkan satu-liner pada awal bagian pengalaman resume yang menyebutkan bahwa PHK berhubungan dengan coronavirus.

1. Beri dirimu kredit untuk proyek yang tidak bisa kamu selesaikan

Watkins mencatat bahwa jika kamu diberhentikan sebelum proyek diselesaikan, kamu masih bisa menyebutkan pencapaian ini di resumemu.

“Kamu dapat mengatakan bahwa itu diproyeksikan untuk menghasilkan hasil tertentu, tetapi ‘Proyek dihentikan karena coronavirus,'” kata Watkins. “Kamu pasti bisa mengatakan itu, karena tidak peduli hasilnya membuahkan hasil atau tidak, kamu masih bekerja dan kamu ingin memberi dirimu kredit untuk itu.”

Baca juga: Perlu Tahu! Ini 5 Kerugian Bekerja Untuk Diri Sendiri

2. Sebutkan keterampilan dan pengalaman baru yang kamu peroleh

Profesional yang menganggur selama lebih dari enam bulan diketahui menghadapi diskriminasi dalam perekrutan. Tetapi ini bukan waktu yang normal. Mengutip pengalamannya sebagai penulis resume selama resesi 2008, Franco mengatakan dia percaya lebih banyak perekrut akan cenderung memaafkan pengangguran jangka panjang.

“Tapi itu akan menjadi penting untuk menunjukkan bahwa kamu tidak hanya duduk dan membersihkan rumahmu ketika kamu pergi. Apa pun yang kamu lakukan selama waktu istirahat, tunjukkan itu,” kata Franco.

Jika Anda tidak memiliki pengalaman kerja saat ini, cara lain untuk mengisi kesenjangan adalah dengan mendaftar hal-hal seperti kursus dan pengalaman sukarela yang dilakukan selama periode pengangguran paksa ini.

3. Tidak perlu memunculkan kehilangan pekerjaan karena pandemi, tetapi jangan menghindarinya

Jika manajer perekrutan secara langsung bertanya kepadamu mengapa kamu diberhentikan, kamu harus menjawab dengan jujur, kata pakar karier kepada HuffPost. Tetapi kamu tidak perlu memimpin dengan topik ini selama wawancara. “Jika ada pertanyaan tentang itu, maka, ya, kamu mungkin ingin mengulanginya,” kata Watkins.

Tujuannya adalah untuk jujur tetapi tidak mengelak kehilangan pekerjaan karena COVID-19. “Saya kira kamu tidak perlu mengumumkannya. Saya pikir kamu harus siap untuk membicarakannya,” kata Josh Doody, pelatih negosiasi gaji dan mantan manajer perekrutan.

Leave a Reply