Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, April 25, 2024
redaksi@topcareer.id
Profesional

Cara Tingkatkan Kualitas Work Life Balance di 2022 (Bagian 2)

Ilustrasi. (dok. Evening Standard)

Topcareer.id – Setelah pandemi COVID-19, work life balance setiap orang yang bekerja tentunya mengalami perubahan sebab pekerjaan jarak jauh telah menjadi fitur permanen dalam kehidupan sebagian besar karyawan.

Meskipun awalnya pekerjaan jarak jauh atau working from home (WFH) telah dipuji sebagai obat untuk work life balance yang lebih baik, namun WFH juga mengaburkan perbedaan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi.

Akibatnya banyak orang yang WFH kesulitan untuk mencapai work life balance yang tepat, bahkan kebanyakan tidak tercapai.

Menyeimbangkan persamaan kehidupan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi benar-benar merupakan tindakan yang kompleks.

Dengan demikian, setiap orang perlu menerapkan rutinitas dan menetapkan batasan yang jelas untuk meningkatkan work life balance.

Berikut ini beberapa tips untuk meningkatkan kualitas work life balance kamu di tahun 2022.

Lanjutan dari bagian pertama artikel

Tingkatkan efisiensi kerja
Menjadi lebih efisien di tempat kerja mungkin terasa lebih mudah diucapkan daripada dilakukan.

Cobalah gunakan tip dan trik sederhana untuk meningkatkan produktivitas di tempat kerja, salah satu caranya adalah dengan memprioritaskan tugas.

Teknologi juga merupakan alat yang semakin berguna untuk digunakan dalam meningkatkan efisiensi kamu di tempat kerja.

Banyak aplikasi dan alat yang memungkinkan kamu mengatur proses kerja dengan lebih baik dan membantumu menyelesaikan daftar periksa lebih cepat.

Tools seperti Monday.com, Evernote, RescueTime, Any.do, dan Trello dapat bermanfaat untuk kamu jelajahi.

Kelola beban kerja
Kepuasan kerja memainkan peran penting dalam mencapai work life balance yang sehat.

Jika kamu memiliki beban kerja yang besar, sangat penting bagi kamu untuk berbicara dengan atasan langsung agar menemukan keseimbangan yang tepat.

Saat manajer kamu tidak dapat membantu menemukan solusi dan work life balance kamu semakin berantakan, mungkin sudah waktunya untuk mencari pekerjaan lain.

Membuat atasan terkesan dengan menyelesaikan daftar tugas yang panjang adalah hal baik, tetapi jadi masalah lain jika atasanmu mengabaikan kesehatanmu.

Baca juga: Cara Unik Bos Microsoft Memandang Work Life Balance

Kelola waktu istirahat dengan baik
Work life balance lebih dari sekadar menemukan jalan tengah antara pekerjaan dan kehidupan non-kerja kamu.

Selain menetapkan batasan yang jelas antara bekerja dan bermain, penting untuk mempertimbangkan kesejahteraan fisik dan mental.

Kebiasaan seperti makan pada jam-jam yang teratur, tetap terhidrasi dan cukup tidur, berkontribusi signifikan terhadap kesejahteraanmu.

Beristirahat selama jam kerja juga berkontribusi pada efisiensi kerja yang lebih baik dan membantu kamu tetap produktif.

Untuk meningkatkan efisiensi kerja, cobalah Teknik Pomodoro, sebuah metode manajemen waktu yang melibatkan istirahat lima menit untuk setiap 25 menit kerja.

Pertimbangkan untuk mengambil waktu cuti di mana kamu dapat menggunakan waktu untuk memprioritaskan kesejahteraanmu.

Pada saat libur, lakukan yang terbaik untuk tidak terlibat dalam tugas yang berhubungan dengan pekerjaan.

Ini merupakan aspek penting dari work life balance untuk tidak membiarkan kehidupan profesional tumpang tindih dengan kehidupan pribadi.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply