Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, March 29, 2024
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Cara Mempertahankan Fokus saat Pencarian Kerja

Topcareer.id – Melakukan pencarian pekerjaan baru bisa sangat menantang dan memakan waktu lama, bahkan untuk profesional yang paling berpengalaman sekalipun.

Untuk peluang terbaik mendapatkan peran baru yang hebat, tentunya kamu perlu menginvestasikan banyak waktu, energi, dan upaya ke dalam prosesnya.

Berikut ini beberapa tips untuk membantu kamu stay focus, optimis, dan produktif selama mencari pekerjaan.

Pahami bahwa itu butuh waktu
Tidak peduli seberapa baik kamu mempersiapkan pencarian pekerjaan, menemukan peran baru mungkin akan memakan waktu lebih lama dari yang diantisipasi.

Kenyataannya adalah menemukan dan mengamankan pekerjaan yang bagus bisa memakan waktu berbulan-bulan, terutama jika kamu berada di level senior.

Cobalah untuk menerima kenyataan ini di awal pencarian kerja.

Tujuannya agar kamu bisa mempertahankan perspektif dan menghindari perasaan berkecil hati jika segala sesuatunya tidak berjalan sesuai keinginan.

Cobalah untuk tetap positif
Menemukan pekerjaan baru bisa jadi sulit, jadi sangat penting untuk mencoba dan menjaga pandangan positif.

Tetap berpikir positif baik untuk kesejahteraan emosionalmu sendiri maupun untuk kesan yang kamu berikan kepada pewawancara.

Untuk menghindari pencarian pekerjaan yang menyita waktu, cobalah untuk menjaga keseimbangan yang sehat dalam hidupmu.

Luangkan waktu untuk teman, olahraga teratur, istirahat dan relaksasi.

Ingat, pencarian kerja akan lebih efektif jika kamu sehat dan optimis.

Fokus pada apa yang bisa kamu kendalikan
Sayangnya kamu tidak dapat mengontrol seberapa cepat calon perusahaan meneleponmu kembali, atau apakah kamu ditawari wawancara atau tidak.

Daripada mengkhawatirkan hal-hal yang berada di luar kendali, fokuskan energi pada hal-hal yang dapat kamu kendalikan.

Memperbaiki CV, memperluas jaringan, dan mempelajari keterampilan baru adalah cara konstruktif untuk memajukan pencarian kerja dan memanfaatkan waktu sebaik mungkin.

Baca juga: 6 Alasan Saatnya Kamu Berhenti dari Pekerjaan yang Dicintai

Jadikan rutinitas, dan patuhi itu!
Cara terbaik untuk menjaga pencarian pekerjaan kamu tetap terorganisir dan produktif adalah dengan menjadikannya rutinitas dan menaatinya.

Pikirkan pencarian kerja kamu sebagai pekerjaan nyata, ada waktu ‘mulai’ dan ‘akhir’ setiap hari.

Tetapkan tujuan harian dan lacak kemajuanmu, sehingga kamu bisa merasakan pencapaian di akhir pekan.

Memiliki rutinitas dan penataan hari akan membantu kamu tetap efisien dan konstruktif.

the authorFeby Ferdian

Leave a Reply