Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sunday, June 23, 2024
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Biar Nggak Merasa Tertinggal di Tempat Kerja, Kuasai Softskill Ini (Bagian 2)

Ilustrasi penduduk usia kerja terdampak covid-19Ilustrasi work. Dok/Skillroads

Topcareer.id – Jika kamu merasa selalu tertinggal dalam pasar kerja, itu artinya kamu perlu mengupdate soft skills, apalagi di tempat kerja yang kompetitif seperti saat ini. Perubahan era pandemi pada cara kita berkomunikasi dan memecahkan masalah, membutuhkan keterampilan berpikir kritis dan komunikasi yang kuat.

Namun, 39% karyawan mengatakan frustrasi utama mereka di tempat kerja adalah bahwa perusahaan mereka tidak memberikan pelatihan soft skill yang efektif, menurut penelitian yang ditugaskan oleh CFA Institute, di mana Barbara Petitt, adalah direktur pelaksana pembelajaran profesional.

Akibatnya, banyak dari kita terpaksa mengembangkan keterampilan ini sendiri, bahkan merasa tertinggal di tempat kerja. Berikut adalah lima yang perlu kamu prioritaskan saat ini:

4. Komunikasi

Kemampuan kita untuk berkomunikasi dan terhubung secara emosional adalah yang membedakan manusia dari robot. Kita memiliki kemampuan untuk merenungkan masa lalu dan membayangkan kembali masa depan.

Di tahun-tahun sebelumnya, komunikasi yang kuat adalah tentang jabat tangan yang erat, kontak mata, dan mendengarkan dengan penuh perhatian. Sekarang, keterampilan yang diperlukan untuk membuat pesan Slack yang hebat atau pembuka Zoom, adalah investasi penting untuk sukses dalam pekerjaan apapun.

Baca juga: Mau Beralih Karier Usai Pandemi? Begini Caranya

Bagaimana mengembangkan keterampilan komunikasi: Ikuti kursus atau bergabunglah dengan klub berbicara di depan umum.

“Ketika saya menemukan diri saya dalam peran yang membutuhkan banyak berbicara di depan umum, saya memutuskan untuk mengambil kursus komunikasi yang diajarkan oleh mantan presenter TV. Dipaksa untuk menghadapi ketakutan saya dan berusaha menyusun pidato saya membuat saya menjadi komunikator yang lebih percaya diri dan selaras,” jelas Petitt.

5. Kerentanan

Dalam bukunya “Braving the Wilderness,” Brené Brown menulis: “Dasar dari keberanian adalah kerentanan — kemampuan untuk menavigasi ketidakpastian, risiko, dan paparan emosional.”

Ini mungkin tampak berlawanan dengan intuisi, tetapi soft skill ini sangat relevan sekarang di tengah tren pergantian pekerjaan.

Pertimbangkan tantangan wawancara kerja standar di mana kamu diminta untuk menjelaskan penanganan situasi yang sulit atau bahkan kesalahan. Kandidat yang paling diinginkan akan melampaui kesalahan dan solusi untuk menunjukkan apa yang telah dipelajari, bagaimana pengetahuan itu diterapkan ke depan, dan bagaimana hal itu bermanfaat bagi organisasi.

Bagaimana mengembangkan kerentanan: Bersikaplah terbuka tentang kekuranganmu sendiri. “Saya cepat mengakui kesalahan saya sendiri — dan saya melakukannya tidak hanya untuk pertumbuhan saya sendiri, tetapi untuk memberi contoh bagi mereka yang bekerja untuk saya.”

Leave a Reply