Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Jumat, Mei 20, 2022
redaksi@topcareer.id
ProfesionalTren

7 Tingkatan Financial Freedom, Kamu Level Berapa? (Bagian 1)

Financial freedom.

Topcareer.id – Grant Sabatier adalah seorang entrepreneur, podcaster, dan juga penulis yang terkenal dengan teorinya tentang financial freedom. Pria kelahiran tahun 1984 itu kerap berbagi tips soal kebebasan finansial, salah satunya tips menyimpan uang 1 miliar dollar AS dalam 5 tahun.

“Dengan setiap dolar yang kamu hemat, kamu memberi dirimu lebih banyak kebebasan dan pilihan dalam hidup. Berdasarkan seberapa banyak kamu telah menabung dan berinvestasi, tanyakan pada dirimu, ‘Berapa bulan kebebasan yang telah Anda peroleh?’” Kata Sabatier dalam CNBC Make It.

Dalam bukunya “Financial Freedom,” serta dalam Kursus Kebebasan Finansial, kurikulum keuangan pribadi online, Sabatier menawarkan roadmap menuju keamanan keuangan yang mencakup tujuh tingkat kebebasan finansial. Berikut 7 tingkat kebebasan finansial menurut Sabatier:

Level 1: Clarity

Langkah pertama adalah memeriksa situasi keuanganmu — berapa banyak uang yang kamu miliki, berapa banyak utangmu, dan apa tujuanmu. “Kamu tidak dapat mencapai tujuan yang kamu inginkan tanpa mengetahui dari mana kamu memulai,” kata Sabatier.

Level 2: Kemandirian

Selanjutnya, kamu ingin berdiri di atas kedua kakimu sendiri, secara finansial. Ini berarti penghasilan yang cukup untuk menutupi pengeluaranmu tanpa bantuan dari luar, seperti kontribusi dari orangtua.

Pada tingkat ini, Sabatier mencatat, kamu mungkin hidup dari gaji ke gaji atau mengambil pinjaman untuk memenuhi kebutuhan.

Baca juga: Teknologi Pengenalan Wajah Belum Memiliki Masa Depan Pada Usaha Kecil

Level 3: Breathing room

Orang-orang di Level 3 memiliki sisa uang setelah biaya hidup yang dapat mereka gunakan untuk mencapai tujuan seperti membangun dana darurat dan berinvestasi untuk masa pensiun.

Melarikan diri dari Level 2 berarti memberi dirimu beberapa kelonggaran finansial, yang menurut Sabatier tidak berarti menghasilkan gaji yang jauh lebih besar.

“Hanya karena kamu menghasilkan banyak uang tidak berarti kamu benar-benar menghemat uang itu. Kebanyakan orang di negara ini hidup dari utang,” kata Sabatier.

Level 4: Stabilitas

Mereka yang mencapai Level 4 telah membayar utang dengan suku bunga tinggi, seperti utang kartu kredit, dan telah menyimpan biaya hidup selama enam bulan dalam dana darurat. Membangun tabungan darurat membantu memastikan bahwa keuanganmu tidak akan terlempar keluar jalur oleh keadaan tak terduga.

“Pada level ini, kamu tidak khawatir jika kamu kehilangan pekerjaan atau harus pindah ke kota lain,” kata Sabatier.
Saat menghitung berapa banyak yang perlu kamu hemat, pikirkan seperti apa gambaran keuanganmu, pahami keadaan darurat, daripada pengeluaran rutin sehari-hari, kata pakar keuangan.

“Jika kamu kehilangan pekerjaan, kamu akan membuat beberapa perubahan. Kamu mungkin akan memotong keanggotaan gym dan menyingkirkan langganan streaming, misalnya,” Christine Benz, direktur keuangan pribadi dan perencanaan pensiun di Morningstar.

Tinggalkan Balasan