Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Jumat, Mei 20, 2022
redaksi@topcareer.id
ProfesionalTren

7 Tingkatan Financial Freedom, Kamu Level Berapa? (Bagian 2)

Financial freedom.

Topcareer.id – Grant Sabatier adalah seorang entrepreneur, podcaster, dan juga penulis yang terkenal dengan teorinya tentang financial freedom. Pria kelahiran tahun 1984 itu kerap berbagi tips soal kebebasan finansial, salah satunya tips menyimpan uang 1 miliar dollar AS dalam 5 tahun.

“Dengan setiap dolar yang kamu hemat, kamu memberi dirimu lebih banyak kebebasan dan pilihan dalam hidup. Berdasarkan seberapa banyak kamu telah menabung dan berinvestasi, tanyakan pada dirimu, ‘Berapa bulan kebebasan yang telah Anda peroleh?’” Kata Sabatier dalam CNBC Make It.

Dalam bukunya “Financial Freedom,” serta dalam Kursus Financial Freedom, kurikulum keuangan pribadi online, Sabatier menawarkan roadmap menuju keamanan uang yang mencakup tujuh tingkat kebebasan finansial. Berikut 7 tingkat kebebasan finansial menurut Sabatier:

Level 5: Fleksibilitas

Orang-orang di Level 5 memiliki penghematan biaya hidup setidaknya dua tahun. Dengan tabungan semacam itu, Sabatier menyarankan memiliki kemampuan untuk memikirkan tentang uangmu sesuai dengan waktu yang dapat kamu beli: “Kamu bisa mengambil cuti satu tahun dari pekerjaanmu jika kamu mau.”

Kamu tidak perlu membawa semua uang ini secara tunai, catatan Sabatier: Ini bisa berupa jumlah total dari rekening tabungan dan investasi. Selama kamu dapat mengakses uang itu entah bagaimana, jika kamu membutuhkannya, kamu memiliki fleksibilitas untuk melepaskan diri, setidaknya untuk sementara, dari pekerjaan.

Level 6: Kemandirian Finansial

Orang-orang yang telah mencapai kemandirian finansial dapat hidup hanya dari pendapatan yang dihasilkan dari investasi mereka, menurut kerangka kerja Sabatier.

Baca juga: 7 Tipe Bos Berengsek, Begini Ciri-Cirinya (Bagian 1)

“Kamu biasanya memiliki satu dari dua hal. Kamu memiliki banyak uang dalam portofolio investasi yang menghasilkan bunga, atau kamu memiliki properti sewaan, dan arus kas dari sewa menutupi biaya hidupmu, atau gabungan dari keduanya,” kata Sabatier.

Untuk sampai di sini, kamu harus menginvestasikan persentase yang tinggi dari pendapatanmu, yang mungkin mengharuskanmu untuk beralih ke gaya hidup yang lebih sederhana demi menurunkan biaya hidup secara drastis. Mengejar gaya hidup ini membutuhkan perubahan pemikiran dari paradigma tradisional keuangan pribadi, kata Sabatier.

Level 7: Kekayaan Berlimpah

Orang-orang yang mandiri secara finansial yang hidup dari pendapatan portofolio mereka bergantung pada “aturan 4%” — aturan praktis pensiun yang menyatakan bahwa investor dapat dengan aman menarik 4%, disesuaikan dengan inflasi, dari portofolio saham dan obligasi yang seimbang setiap tahun, dan relatif yakin bahwa uang akan terus bertambah dan tidak akan habis.

Meskipun para ekonom memperdebatkan apakah 4% adalah angka optimal (beberapa pengamat yang lebih konservatif berpikir angka yang tepat mungkin mendekati 3,3%).

Sementara mereka yang berada di Level 6 perlu memantau perubahan dalam portofolio mereka untuk memastikan masa pensiun mereka masih berjalan sesuai rencana, mereka yang berada di Level 7 tidak perlu khawatir.

“Level 7 adalah kekayaan yang melimpah — memiliki lebih banyak uang daripada yang kamu butuhkan. Kamu tidak perlu khawatir tentang uang, dan itu tidak penting untuk kehidupan sehari-harimu,” kata dia.

Tinggalkan Balasan