Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Kamis, Juni 30, 2022
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Apakah Tidak Masalah Jika Tak Punya Teman Baik di Tempat Kerja?

Apakah menjadi masalah jika tak memiliki teman baik di tempat kerja?

Topcareer.id – Memiliki teman baik di tempat kerja dapat menjadi berkah selama masa-masa sulit. Penelitian telah menemukan bahwa hal itu bahkan dapat memicu kepuasan kerja yang lebih besar. Tapi, apakah itu berarti kamu dalam masalah jika tidak memiliki teman di tempat kerja?

Jika kamu merasa cemas dan malu karena tidak memiliki teman secara profesional, ketahuilah bahwa banyak orang merasakan hal yang sama. Sulit, untuk berteman sebagai orang dewasa, apalagi di pekerjaanmu.

“Pekerjaan jarak jauh dan jarak sosial telah membuat interaksi di tempat kerja lebih sulit,” kata Tanisha Ranger, seorang psikolog klinis berbasis di Nevada, dalam laman HuffPost.

“Tanpa waktu tatap muka yang mantap dengan rekan kerja kita, kecil kemungkinan kita untuk membangun persahabatan yang dekat. Jika Anda ingin berteman dengan pekerjaan, kamu mungkin perlu lebih banyak usaha. Jika kamu tidak mencari teman kerja, tidak ada yang salah denganmu.”

Persahabatan kerja bisa jadi keuntungan, tetapi juga bisa menjadi kegagalan. Yang penting adalah memperlakukan semua orang dengan keramahan dan rasa hormat

Ketika kamu cemas secara sosial, sepertinya semua orang menjalin pertemanan seumur hidup. Nyatanya: Sering kali, persahabatan itu berakhir ketika pekerjaan selesai. Seperti yang dikatakan oleh terapis populer dan pembawa acara podcast Esther Perel, hubungan ini seringkali bersyarat.

“Yang sangat menarik adalah berapa banyak orang yang memiliki teman di tempat kerja dan ketika mereka berganti pekerjaan, teman-teman itu tidak ikut dengan mereka,” kata Perel.

“Ini adalah hal yang sangat kuat untuk melihat seberapa banyak dari hubungan ini sebenarnya tidak langsung. Satu atau dua orang mungkin terus bersamamu dalam hidup, dan yang lain mungkin tidak akan kamu lihat lagi.”

Baca juga: Hei Introvert! Gunakan Kekuatan Ini Untuk Kemajuan Karier (Bagian 1)

Satu studi terhadap karyawan perusahaan asuransi menemukan bahwa mereka yang memiliki lebih banyak teman kerja cenderung menerima peringkat yang lebih tinggi pada tinjauan kinerja, tetapi mereka juga merupakan rekan kerja yang melaporkan bahwa mereka lebih lelah secara emosional karena mempertahankan ikatan ini.

Pelajarannya di sini: Jangan membandingkan dan putus asa atas persahabatan pekerjaan yang tampaknya dinikmati orang lain — karena kamu tidak tahu apa yang mungkin mereka alami. Lebih baik fokus pada nilai-nilai dirimu.

Kamu tidak perlu berteman, tetapi kamu harus ramah untuk maju dalam pekerjaan

Kabar baiknya adalah kamu tidak perlu berteman dengan rekan kerjamu untuk menjadi orang yang ingin diajak bekerja sama. Agar sukses, kamu hanya perlu bersikap ramah, kata Mary Abbajay, presiden konsultan pengembangan kepemimpinan Careerstone Group.

“Peluang untuk kariermu, untuk pertumbuhanmu, bahkan untuk menyelesaikan pekerjaanmu tidak terjadi dalam ruang hampa. Mereka terjadi dalam kolaborasi dan kerja sama dengan orang lain. Orang ingin bekerja dengan orang yang mudah diajak bekerja sama,” kata Abbajay.

Pastikan kamu tidak tampak menolak menjalin hubungan. “Secara objektif, tidak apa-apa untuk tidak memiliki teman di tempat kerja,” kata Ranger.

Namun, kata dia, kadang ada bias tertentu di sebagian besar kantor terhadap introversi. Jadi jika kamu tidak terlalu tertarik untuk berteman di tempat kerja, bisa menjadi penghalang bagi kariermu.

Jadi, penting untuk memastikan interaksi dengan rekan kerja dan mudah didekati, terlepas dari apakah kamu menginginkan teman kerja atau tidak.

Tinggalkan Balasan