Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Kamis, Juni 30, 2022
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Kerja Itu Harus Happy, Begini Cara Tingkatkan Kebahagiaan di Kantor

Topcareer.id – Kebahagiaan kamu di tempat kerja penting untuk kesejahteraan kamu dan mengabaikan perasaan negatif dapat menyebabkan stres.

Jadi, jangan hanya berharap perasaan negatif itu akan hilang. Cari cara positif agar kamu mendapat lebih banyak kebahagiaan di tempat kerja.

Berikut ini tips untuk membuat dirimu memiliki kerangka berpikir yang lebih baik dalam meningkatkan kebahagiaan di kantor.

Pikirkan pengembangan karier
Apakah kamu menerima pelatihan dan apakah kamu merasa terus berkembang? Atau, apakah Anda telah mencapai titik di mana hanya pembelajaran tambahan yang dapat memajukan kariermu?

Tentukan apa sebenarnya yang membuat kamu merasa sedih di tempat kerja.

Masalah umum termasuk beban kerja yang terlalu berat atau terlalu ringan, konflik dengan rekan kerja, atau kenaikan gaji/promosi yang terlewatkan.

Penting untuk menunjukkan dengan tepat apa frustrasi Anda dan dari mana asalnya.

Jika kamu bekerja keras dan menghasilkan pekerjaan yang hebat tetapi tidak diakui atau promosi kamu selalu ditangguhkan, kamu mungkin mulai melihat penurunan tingkat produktivitas.

Demikian juga, jika kamu bekerja untuk target yang tidak dapat dicapai, motivasi dapat hilang begitu saja.

Jadi, jangan pernah meremehkan efek stres. Selama kamu masih mendapat kesempatan berkembang, kamu bisa fokus pada hal tersebut agar tetap bahagia.

Berpikir positif
Kamu tidak akan membantu siapapun termasuk dirimu sendiri jika hanya berfokus pada hal-hal negatif.

Jika kamu mulai merasa marah atau kesal di tempat kerja, singkirkan diri dari situasi tersebut selama lima menit dengan berjalan-jalan di luar untuk mencari udara segar.

Ini bisa sangat sulit, tetapi cobalah untuk tidak membiarkan semua orang di tempat kerja melihat bahwa kamu sedang berjuang.

Fokus pada hal-hal positif, bahkan jika kamu akan mulai mencari pekerjaan baru yang lebih baik.

Bicarakan perasaan kamu dengan teman atau keluarga, terkadang kamu hanya perlu melampiaskannya, tetapi jangan ditimpakan pada rekan kerja.

Bicaralah dengan manajer
Mungkin harga diri kamu telah dilukai, banyak orang merasa tidak nyaman untuk membicarakan hal ini dengan manajer lini mereka.

Bagian dari peran manajer adalah menangani situasi seperti ini, jadi cobalah kamu berbicara dengan manajer.

Dengan berbicara pada manajer, mungkin kamu akan menemukan solusi.

Cobalah membuat daftar masalah yang ingin kamu diskusikan sebelum mendekati manajer, sehingga kamu tidak akan bingung dan dapat mengungkapkan masalah secara runtut.

Baca juga: Bagaimana Mendefinisikan Kebahagiaan di Tempat Kerja?

Cari pekerjaan baru?
Mungkin sudah waktunya untuk move on. Jika kamu telah melakukan segala daya upaya untuk meningkatkan kebahagiaan di tempat kerja namun hanya jalan buntu yang kamu temui, bisa jadi ini waktunya untuk kamu melangkah maju di tempat lain.

Mungkin saja departemen kamu tidak memiliki kapasitas untuk mempromosikanmu atau memberimu kenaikan gaji.

Jika kamu sudah tidak akan senang tinggal dalam situasi kamu saat ini, ubahlah.

the authorFeby Ferdian

Tinggalkan Balasan