Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Rabu, Februari 1, 2023
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Sering Merasa Lelah Sepanjang Hari? Mungkin 7 Hal Ini Penyebabnya

Jauhi stres di hari Minggu. Dok/Parade.comTired at work. Dok/Parade.com

Topcareer.id – Banyak penyebab mengapa kamu selalu merasa lelah dan kehabisan energi, termasuk saat bekerja. Bisa jadi kurang tidur, konsumsi makanan yang tidak sehat, atau mungkin karena hal-hal kecil yang kamu lakukan sepanjang hari.

“Meskipun korelasi antara tidur dan penuaan tidak dapat disangkal, mungkin mengejutkan kamu mengetahui bahwa energi tidak selalu berkurang seiring bertambahnya usia atau kurang tidur,” kata ahli gizi Julie Hammerstein, dikutip dari laman The Ladders. Berikut beberapa kebiasaan kecil yang dapat kamu ubah untuk meningkatkan energi.

1. Sarapan tanpa karbohidrat

Pada kenyataannya, tubuh membutuhkan karbohidrat untuk menghasilkan bahan bakar. Sebuah studi dalam Journal of American Dietetic Association menemukan bahwa pelaku diet rendah karbohidrat mengalami kelelahan yang lebih besar untuk berolahraga daripada pelaku diet yang makan lebih banyak karbohidrat. Para peneliti di Mayo Clinic menemukan hasil yang serupa.

Kuncinya di sini adalah jenis karbohidrat yang dimakan. Sereal dan roti putih tidak begitu baik. Karbohidrat alami dan tidak diolah, seperti biji-bijian, buah-buahan, dan sayuran adalah sumber terbaik.

2. Obat resep

Menurut CDC, sekitar 76% orang Amerika 60 dan lebih tua menggunakan dua atau lebih obat resep, dan 37% menggunakan lima atau lebih. “Obat resep pasti memiliki tempatnya, tetapi obat-obatan dapat menekan liver, yang mana membebaskan tubuh dari racun,” kata Hammerstein. Dan jika hati lelah, demikian pula tubuh. Pastikan hanya minum obat yang penting.

3. Berantakan

Tumpukan barang di mana-mana? Makalah menutupi meja? Kekacauan ini bisa menghabiskan energi. Ketika kekacauan ada di sekitar, itu dapat membuat otak merasa kewalahan dan tidak dapat fokus, menurut penelitian dari Princeton University Neuroscience Institute, dan itu dapat membuat lelah.

Solusi terbaik, bersihkan area kecil yang berantakan dan lihat bagaimana hal itu mengubah suasana hati dan tingkat energimu.

Baca juga: 3 Cara Efektif Atasi Leher Kaku Di Tempat Kerja

4. Terlalu banyak berolahraga

Ya, semua orang memberi tahu untuk berolahraga agar merasa lebih baik. Tetapi melakukannya secara berlebihan dapat membebani kelenjar adrenalin dengan menyebabkan tubuh melepaskan terlalu banyak kortisol. Ini dapat menyebabkan kelelahan, yang dapat menguras energi selama berhari-hari. Pada skala 1 hingga 10, The Mayo Clinic merekomendasikan latihan harus 6 atau 7.

5. Minuman berenergi

Jenis-jenis minuman botol baru ada di mana-mana. Masalahnya, menurut Hammerstein, minuman vitamin menipu tubuh, terutama yang mengandung vitamin B dan taurin, penambah energi lain.

“Mereka benar-benar dapat memiliki efek sebaliknya dengan membuatmu lelah.” Ini karena tubuh tidak mudah memetabolisme vitamin B yang diambil dalam bentuk terisolasi – seperti dalam minuman energi.

6. Menggunakan komputer

Jika kamu seseorang yang bisa duduk di depan layar komputer selama berjam-jam dan menjelajahi Web, itu bisa membuatmu lelah. Penggunaan komputer yang lama dapat menyebabkan Computer Vision Syndrome, menurut American Optometric Association. Gejala dapat termasuk kelelahan, penglihatan kabur, dan sakit kepala.

7. Tidak memakan sayuran

Sederhananya, zat gizi mikro (vitamin, mineral, dan nutrisi tanaman yang ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran) diperlukan untuk kesehatan yang optimal. Antioksidan yang ditemukan pada sayuran melindungi tubuh kita dari kerusakan akibat radikal bebas, yang dapat menyebabkan segala hal mulai dari penuaan yang cepat hingga kurangnya energi hingga kanker.

Tinggalkan Balasan