Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Selasa, Desember 6, 2022
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

7 Hal yang Perlu Diingat untuk Bikin Resume Masa Kini (Bagian 2)

Font resume yang baik.

Topcareer.id – Ingat, resume bisa menjadi kesan pertama dan pintu pembuka untukmu dengan calon bos. Tentu saja, kamu perlu memberikan yang terbaik saat menyusunnya agar menarik perhatian tim rekrutmen. Kamu juga perlu update seperti apa resume modern atau masa kini yang diterima tim rekrutmen saat ini.

“Kamu perlu melihat ini sebagai alat pemasaran untuk dirimu sendiri. Ambil langkah berbeda dan tanyakan bagaimana kamu ingin dunia memandang dirimu,” kata Debra Wheatman, penulis resume bersertifikat dan pelatih karier, dikutip dari CNN. Inilah yang boleh dan jangan dilakukan untuk resume modern milikmu.

5. Lebih spesifik

Kamu ingin memperjelas pengalamanmu dan pastikan untuk merinci keterampilan dan kualifikasimu untuk suatu pekerjaan.

“Di awal karier, di resumemu, kamu harus menunjukkan apa yang kamu tahu bagaimana melakukannya. Nanti dalam kariermu, kamu harus menunjukkan apa nilai yang membawamu sebagai pemimpin senior,” kata Stacie Haller, pelatih pencarian kerja.

Dia menambahkan bahwa menggambarkan keberhasilan yang dapat diukur, apakah itu dalam hal penjualan, pertumbuhan, tolok ukur, atau penghematan, dapat membantu menunjukkan dampakmu dan membantu menarik lebih banyak perhatian dari perekrut.

Baca juga: 8 Pelajaran Dari Pengusaha Hebat Untuk Meraih Sukses (Bagian 1)

6. Jangan sertakan apa saja dan segalanya

Resumemu tidak boleh menjadi data dump dari semua yang pernah kamu lakukan. Salah satu cara untuk memformat pengalamanmu adalah dengan membuat daftar posisi, perusahaan, dan masa jabatan diikuti dengan beberapa baris yang menjelaskan peranmu dan kemudian beberapa poin berdasarkan pencapaian dengan detail yang lebih spesifik, saran Jennings.

“Poin-poin harus membuatmu menonjol. Beberapa kalimat pertama menyoroti hal-hal yang lebih kuat dan lebih kompleks yang kamu lakukan dalam posisi itu,” kata dia.

Lulusan baru yang tidak memiliki banyak pengalaman kerja atau magang dan ingin mengisi resume mereka dapat menambahkan keterlibatan sukarela, kegiatan ekstrakurikuler terkait, dan proyek yang berlaku.

7. Jangan berbohong atau melakukan kesalahan

Tidak apa-apa untuk tidak memiliki semua keterampilan atau persyaratan yang tercantum pada posting pekerjaan, jadi jangan membuat klaim yang tidak benar tentang dirimu di resume.

Dan pastikan untuk memeriksa resumemu atas kesalahan ejaan atau tata bahasa sebelum menekan ‘kirim’. “Satu kesalahan atau salah ketik pada resume mungkin membuatmu keluar dari proses,” kata Haller. “Pastikan orang lain melihatnya.”

Tinggalkan Balasan