Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, April 25, 2024
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

6 Tips Bonding dengan Kolega di Tempat Kerja Remote (Bagian 2)

Sumber foto: Kompasiana.com

Topcareer.id – Perlu diakui bahwa sosialisasi secara offline lebih minim tantangan, termasuk dalam meningkatkan engagement di tempat kerja. Namun, sekarang kerja hybrid atau jarak jauh lebih diminati. Tapi, bagaimana bonding dengan karyawan lainnya jika kerja serba online?

“Jika kamu memiliki hubungan pribadi yang kuat di tempat kerja di masa-masa sulit dan saat-saat menyenangkan, kamu akan memiliki sistem pendukung yang lebih baik, dan itu sangat penting tidak hanya untuk kebahagiaanmu, tetapi juga untuk kesuksesan profesionalmu,” kata Jennifer Benz, wakil presiden senior di perusahaan konsultan SDM, Segal, dikutip dari laman CNN.

Jika kamu bergabung dengan perusahaan dari jarak jauh atau hanya sesekali melihat tim secara langsung, berikut adalah beberapa cara untuk mengenal mereka lebih baik:

4. Ikuti jadwal kerja yang lain

Tanyakan kepada manajermu apakah kamu dapat mendengarkan rapat secara virtual jika sesuai, yang dapat membantumu bertemu orang baru serta mempelajari budaya rapat perusahaan.

“Meminta untuk membayangi seseorang dan bisa duduk di pertemuan dan mengajukan pertanyaan dan tanya jawab setelah pertemuan – itu cara yang bagus untuk belajar,” kata Benz.

Dia juga merekomendasikan untuk membuat catatan atau melacak tindak lanjut apa pun setelah pertemuan atau membantu persiapan apa pun.

Baca juga: 7 Hal Yang Perlu Diingat Untuk Bikin Resume Masa Kini (Bagian 1)

5. Manfaatkan hari-harimu di kantor

Jika kamu bekerja setengah hari di kantor, tanyakan rekan tim kapan mereka akan berada di kantor dan atur makan siang, pertemuan langsung, dan acara minum kopi terlebih dahulu.

“Dan jika kamu adalah profesional muda di timmu yang paling fleksibel dalam jadwal, maka (sesuaikan) dengan apa yang dilakukan orang lain di timmu di mana kamu dapat berinteraksi dan memiliki waktu paling banyak dengan mereka secara langsung,” ucap Benz.

6. Nyalakan kameramu

Saat kita memasuki tahun ketiga pandemi, kita semua lelah berada di depan kamera untuk rapat. Tetapi mungkin sulit untuk mengingat nama seseorang jika kamu tidak dapat membayangkan wajahnya, jadi Goredema menyarankan untuk mengaktifkan video demi membantu menjalin hubungan yang lebih baik.

“Ini bukan hanya tentang apa yang kamu bagikan, tetapi bagaimana kamu muncul dan bagaimana kamu hadir. Pertemuan video adalah kesempatan bagus untuk menunjukkan tentang siapa dirimu — tentu saja secara profesional.”

Dia mengatakan, menambahkan buku favoritmu di rak di belakang, atau mug dengan almamater atau tim olahraga favoritmu dapat membantu memulai percakapan. “Semua hal ini membantu menjalin koneksi dan asosiasi.”

Leave a Reply