Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, April 27, 2024
redaksi@topcareer.id
Info Lowongan KerjaTren

Mahasiswa, Cek Ini Info 3 Program Magang dari Kemenkeu 2022

Kantor Kemenkeu

Topcareer.id – Banyak perusahaan yang kini mempermudah akses proram magang, khususnya untuk mahasiswa yang masih aktif studi. Begitu pula dengan instansi pemerintahan yang punya program magang masing-masing, salah satunya Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

Dengan adanya program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), mahasiswa dapat menentukan jenis magang berdasar bidang yang ingin diikuti.

Kasubag Rekrutmen Sumber Daya Manusia (SDM) Kemenkeu, Rudy Yulianto, menyampaikan jenis-jenis magang yang dibuka oleh Kemenkeu dalam acara yang diselenggarakan Universitas Airlangga (UNAIR).

“Terkait dengan magang Kemenkeu di tahun 2022, kami punya beberapa program yang terbagi atas tiga kategori besar, yakni magang reguler, magang MOU dengan perguruan tinggi, dan magang tematik MSIB (magang dan studi independen bersertifikat),” jelas Rudy dikutip dari laman resmi UNAIR, Selasa (19/7/2022).

Magang Reguler

Magang reguler merupakan program magang yang bersifat terbuka dan diperuntukkan bagi seluruh mahasiswa yang ingin bekerja atau internship di Kementerian Keuangan. Pada tahun 2022, program ini dilaksanakan melalui empat periodisasi dan harus melalui persyaratan magang.

Persyaratan Magang Reguler:
1. Surat Pengantar Pengantar Perguruan Tinggi
2. Proposal Magang (rencana program, waktu pelaksanaan magang, unit magang)
3. Daftar Riwayat Hidup
4. Transkrip nilai
(Berkas dapat dikirimkan melalui email: kemenkeu.prime@kemenkeu.go.id)

Baca juga: Politeknik Baru Kemenperin Tawarkan Kuliah Gratis Sampai Lulus

Magang MOU dengan Perguruan Tinggi

Program magang itu diperuntukkan bagi mahasiswa perguruan tinggi tertentu yang telah bekerja sama dengan Kemenkeu. Program tersebut dilaksanakan dalam waktu 6 bulan dan dapat disetarakan hingga 20 SKS. Bentuk kerja sama dengan perguruan tinggi yang dilakukan adalah magang, pelatihan, perkuliahan oleh pegawai kemenkeu, penelitian bersama, diskusi panel dan lokakarya.

“Saat ini Kemenkeu telah bekerja sama dengan tiga PTN. Dan pada tahun ini, kami akan menambah jumlah universitas target,” imbuh Rudy.

Magang Tematik (MSIB)

Program magang ini bersifat terbuka dan memungkinkan mahasiswa yang ingin bekerja atau internship di Kementerian Keuangan serta diakui hingga 20 SKS. Pelaksanaan magang itu dibuat per-tema, sesuai dengan kebutuhan Kementerian Keuangan.

Magang tersebut akan didampingi oleh mentor profesional yang sesuai dengan bidangnya. Kegiatan itu akan dilaporkan kepada Kemendikbud.

Program magang MSIB telah bekerja sama dengan Ditjen Dikti dan Kemendikbud, sehingga program tersebut akan diakui sebagai salah satu penambah SKS. Kemenkeu pada tahun 2022 membuka 2 posisi magang MSIB, yakni Full Stack Developer dan Data Analyst.

“Terkait dengan dua posisi tersebut, lebih diarahkan ke program studi yang relevan dengan IT atau mempunyai background di bidang IT,” tegasnya.

Pendaftaran MSIB dapat dilakukan melalui website Kemendikbud Kampus Merdeka melalui portal MSIB. Untuk program kedua, dapat mendaftar melalui universitas dan untuk program pertama pendaftaran dilakukan secara online atau dapat dilakukan sesuai dengan ketentuan tertentu.

Leave a Reply