Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sabtu, Februari 4, 2023
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Ingin Tetap Dingin Meski Tanpa AC? Ini Tipsnya (Bagian 2)

Ilustrasi wanita. Dok/Woman's DayIlustrasi wanita. Dok/Woman's Day

Topcareer.id – Kabar baik untuk kamu yang tak kuat dengan rasa gerah. Entah AC sedang rusak, ada pemadaman listrik, terjadi cuaca ekstrim, atau sedang mencoba berhemat, ternyata ada cara untuk tetap merasa nyaman, tanpa harus memakai AC.

Seperti kita tahu, rasa panas sendiri sebenarnya cukup menyenangkan, terutama jika kamu memiliki aktivitas musim panas yang luar biasa. Namun, yang kamu perlu tahu, tubuh tidak boleh kepanasan terlalu lama. Menurut Institut Kesehatan Nasional AS, terlalu banyak panas dapat membahayakan otak dan organ-organ lainnya.

Ya! Manusia mungkin memiliki aktivitas berkeringat sebagai sistem pendinginan alami tubuh. Tetapi, jika itu tidak cukup, ada peningkatan risiko untuk mengembangkan penyakit yang berhubungan dengan panas hipertermia, tanda-tanda yang meliputi kram panas, edema panas dan stroke panas.

Nah, kabar baiknya, jika kamu saat ini sedang berada di dalam situasi yang tidak memungkinkan untuk mendapatkan alat pendingin buatan, ada beberapa cara untuk memanipulasinya, sehingga kamu bisa mengontrol suhu tubuh kamu.

Mengutip dari CNN, berikut adalah 14 metode yang bisa kamu coba.

Bagian akhir dari artikel

Mandi air dingin atau mandi
“Ini akan membantu mendinginkan tubuh dengan menurunkan suhu inti kamu,” kata Porter. Untuk ledakan ekstra dingin, cobalah sabun peppermint. Mentol dalam minyak peppermint mengaktifkan reseptor otak yang memberi tahu tubuh bahwa ada sesuatu yang dingin yang sedang kamu makan atau rasakan.

Tidur di basement
Jika kamu tidak bisa tidur sepanjang malam karena terlalu panas, cobalah tidur di suatu tempat selain kamar tidur. Jika kamu memiliki lantai yang lebih rendah seperti basement, siapkan area tidur sementara di sana untuk merasakan suhu yang lebih dingin di malam hari.

Baca juga: Hati-hati, 3 Zodiak Ini Bakal Alami Minggu yang Kurang Baik!

Tutup pintu kamar yang tidak digunakan
Jika tidak ada orang yang menggunakan ruangan yang tidak memiliki ventilasi atau register, tutup pintu ke area tersebut untuk menjaga agar udara sejuk hanya terbatas pada area yang ditempati di rumah.

Gunakan kipas angin di dapur
Pasanglah kipas angin di dapur untuk menarik udara panas yang naik setelah kamu memasak.

Pasang bola lampu hemat energi
“Bola lampu pijar menghasilkan suhu yang lebih tinggi daripada bola lampu LED. Untuk beralih, perhatikan penjualan bohlam hemat energi, lalu perlahan ganti bohlam di rumah kamu,” kata Porter.

Mengganti bola lampu dapat menghemat uang, tetapi tidak akan mengurangi banyak panas di rumah. Namun, jika kamu fokus untuk mengganti bohlam di area tempat kamu duduk, itu akan membuat perbedaan yang lebih nyata, kata Porter.

Masak di pagi hari, dengan slow cooker atau di luar
Panas oven bisa menyebar ke seluruh rumah. Jaga agar panas tetap terpusat di satu area, seperti slow cooker. Atau, masak di luar ruangan untuk menjaga panas tetap berada di luar.

Nikmati suguhan beku
Makan es pop atau es krim untuk mendinginkan dapat membantu sejenak. Tapi jangan berlebihan dengan gula.

“Gula akan meningkatkan metabolisme sehingga kamu mulai merasa panas secara internal,” kata Porter. “Jadi suguhan dinginnya mungkin enak, tapi gula tambahannya mungkin tidak.”

the authorFeby Ferdian

Tinggalkan Balasan