Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, April 20, 2024
redaksi@topcareer.id
ProfesionalTren

Survei: 54% Pekerja Nggak Tenang Saat Ambil Cuti Liburan

ilustrasi pekerja sedang menikmati cuti berbayar

Topcareer.id – Cuti berbayar (paid time off/pto) dimaksudkan bisa menjadi waktu pribadi bagi karyawan yang dihabiskan untuk melakukan hal-hal di luar tanggung jawab pekerjaan. Tapi, dengan tugas tanggung jawab pekerjaan yang tinggi, sejauh mana karyawan bisa benar-benar tenang selama cuti berbayar?

Sebuah jajak pendapat baru menunjukkan, meskipun kebijakan seperti PTO tanpa batas menjadi lebih umum, kebanyakan orang merasa sulit untuk memutuskan hubungan kerja (disconnect) selama waktu cuti mereka.

Fishbowl by Glassdoor, sebuah jejaring sosial untuk para profesional, bertanya kepada 20.297 profesional, “Apakah Anda yakin dapat sepenuhnya melepaskan diri dari pekerjaan saat Anda mengambil cuti berbayar?” Lebih dari separuh (54%) responden menjawab tidak.

Melansir laman CNBC Make It, Fishbowl menemukan bahwa ketidakmampuan untuk memutuskan hubungan selama PTO bervariasi menurut usia dan pekerjaan.

Jajak pendapat mereka menunjukkan bahwa hanya 47% dari 21-25 tahun mengatakan mereka tidak dapat disconnect, dibandingkan dengan 65% profesional berusia 45 tahun ke atas yang mengatakan hal yang sama, kemungkinan karena peningkatan tanggung jawab dan pengalaman yang dibutuhkan dari mereka.

Guru kemungkinan besar mengalami kesulitan disonnect dari pekerjaan, karena 73% mengatakan mereka tidak bisa melepaskannya begitu saja. Pengacara berada di urutan kedua dengan 71%, diikuti oleh profesional di bidang akuntansi (59%), keuangan (55%), dan konsultasi (51%).

Baca juga: Meta Identifikasi Karyawan Berkinerja Rendah Untuk Di-PHK

Teknologi dan perawatan kesehatan adalah industri teratas untuk mencabut, dengan 56% profesional di bidang tersebut mengatakan bahwa mereka dapat mencabutnya.

Menurut laporan tersebut, ada beberapa alasan mengapa para profesional tidak dapat melepaskan tugas kerja mereka saat cuti, termasuk budaya kerja yang beracun, PTO yang tidak memadai dan/atau ketakutan akan kemajuan karier yang tertunda.

“Budaya kerja selalu aktif sangat lazim dalam pendidikan,” menurut Sadiya Strong, seorang guru sekolah charter kelas 6 yang menyatakan perlunya “maju” saat berlibur.

Ketidakmampuan untuk menikmati PTO sepenuhnya adalah sesuatu yang harus dihindari oleh pengusaha, menurut Richard Johnson, penulis laporan dan ekonom asosiasi Glassdoor, karena dapat merusak retensi karyawan.

“Pengusaha harus mendorong karyawan untuk secara fisik dan mental memutuskan hubungan kerja,” katanya dalam sebuah pernyataan.

“Dengan tidak melakukannya, pemberi kerja berisiko kehilangan karyawan karena pesaing yang memprioritaskan kesejahteraan karyawan mereka dan menyadari bahwa kebijakan cuti bukan hanya keuntungan perekrutan yang kompetitif tetapi juga bagian inti dari menghilangkan kejenuhan di antara tenaga kerja mereka,” jelasnya.

Leave a Reply