Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Senin, September 26, 2022
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Lulus Kuliah Cepat Dapat Kerja? Mahasiswa Lakukan 3 Hal Ini dari Sekarang

Generasi muda. Dok/itagroup.comGenerasi muda. Dok/itagroup.com

Topcareer.id – Lulus kuliah dengan nilai bagus, lalu masuk kerja di perusahaan impian – itu tentu harapan bagi semua mahasiswa. Tapi, realitanya kadang tidak semulus itu. Baiknya bagi mahasiswa yang ingin segera dapat kerja setelah lulus, mulai terapkan beberapa hal penting agar mudah dilirik perusahaan.

Founder of Today Solution sekaligus seorang passion Enthusiast Syafril Riza.dalam webinar dari Universitas Airlangga (UNAIR) berbagi materi tentang hal-hal dasar mengenai karier dan pekerjaan.

Dilansir dari laman resmi UNAIR, Syafril membagikan tiga hal yang tidak kalah penting untuk diketahui dan mulai diterapkan kepada para mahasiswa sebelum lulus kuliah. Hal itu agar antara job dan karier sesuai dengan yang diharapkan.

Pertama, tentukan terlebih dahulu apa alasan mengapa perlu bekerja. Pada hal ini yang akan turut berpengaruh pada mindset serta kualitas kerja nantinya.

Kedua, pahami perbedaan antara simbol dan esensi. Menurutnya, sering kali banyak orang yang hanya melihat simbol beserta gaji yang besar, tetapi tidak memahami apa esensi atau hal di baliknya dengan baik.

Baca juga: Begini Cara Biar Kariermu Anti-Resesi (Bagian 1)

“Simbol hanyalah penampakan luar. Sedangkan esensi adalah aktivitas keseharian yang dilakukan dari pekerjaan yang sedang dijalani,” ucapnya.

Ketiga, membangun personal branding yang baik untuk menunjang karier di sosial media. Hal ini dapat dilakukan dengan mulai membenahi tatanan sosial media maupun informasi-informasi yang menggambarkan tentang diri agar mudah dikenal dan diketahui oleh khalayak.

Selain itu, personal branding juga dapat menunjang saat sedang mencari pekerjaan atau tawaran kerja yang datang.

“Personal branding adalah seperti apa diri kita ingin dikenal oleh audiens dan cara mengenalkan diri kita pada target audiens kita. Sehingga, memberikan manfaat bagi targer audiens dan diri kita,” pungkas Syafril.

Tinggalkan Balasan