Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sabtu, Desember 3, 2022
redaksi@topcareer.id
Tips KarierTren

Begini Cara Biar Kariermu Anti-Resesi (Bagian 1)

risk career evaluate

Topcareer.id – Resesi ekonomi terjadi di sejumlah negara merujuk pada kekhawatiran akan resesi global yang semakin meningkat. Hal ini menyebabkan banyak perusahaan melakukan PHK massal, bahkan termasuk perusahaan teknologi skala besar.

Dari Apple dan Meta, hingga Microsoft dan Netflix — sektor teknologi, yang berkembang pesat selama pandemi, menunjukkan tanda-tanda penurunan.

“Berita ini cukup mengecilkan hati untuk menimbulkan kecemasan, memaksa para profesional untuk melampaui dan mempertahankan pekerjaan mereka,” kata Aleksandr Volodarsky, CEO Lemon.io, pasar freelance online untuk pengembang perangkat lunak.

Bagaimana kamu bisa bertahan dari resesi kariermu?

1. Diversifikasi aliran pendapatan
Jangan hanya mengandalkan satu cara untuk menghasilkan uang — itulah “strategi anti-krisis terbaik”, menurut Volodarsky.

“Idealnya, cari pekerjaan di geografi dan keahlian yang berbeda untuk mendiversifikasi portofolio pendapatanmu dan meminimalkan risiko. Jika salah satu pekerjaanmu ditutup, kamu akan lebih mudah menemukan penggantinya, katakanlah — 30% dari penghasilanmu daripada kehilangan semuanya sekaligus,” jelas Volodarsky dikutip dari laman CNBC Make It.

Baca juga: Cara Instan Dan Sederhana Untuk Mengesankan Perekrut

Namun, ada pilihan lain selain lepas atau mengerjakan beberapa pekerjaan sekaligus.

“Kamu selalu dapat menemukan perusahaan yang menawarkan banyak proyek, bukan hanya satu, sehingga meminimalkan risiko sambil tetap berada di lingkungan kerja yang lebih nyaman,” tambah Volodarsky.

2. Ikut serta dalam gig economy

Tenaga kerja lepas terus tumbuh karena semakin banyak orang yang menginginkan fleksibilitas dan kebebasan dalam hal pekerjaan. Di AS saja, ada lebih dari 6 juta profesional independen pada tahun 2021, menurut Laporan Dampak Ekonomi Freelance tahun 2022 dari platform freelancer Fiverr.

“Tenaga kerja ini diperkirakan telah memperoleh pendapatan USD247 miliar pada tahun 2021, naik dari perkiraan USD234 miliar pada tahun 2020,” kata laporan itu.

Volodarsky mengatakan bahwa peningkatan permintaan akan pekerja gesit adalah “kesempatan sempurna untuk melepaskan diri dari perbudakan perusahaan” dan meningkatkan potensi pendapatan — tanpa berhenti atau mengubah pekerjaanmu.

“Jika kamu benar-benar meninggalkan dunia korporat, jangan khawatir harus menghabiskan banyak waktu untuk membangun reputasi profesional sebelum mendapatkan uang pertamamu.”

Tinggalkan Balasan