Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Jumat, September 30, 2022
redaksi@topcareer.id
Profesional

8 Jenis Pekerjaan Digital Marketing yang Bisa Kamu Lamar (Bagian 1)

digital marketing

Topcareer.id – Di era digital, makin banyak perusahaan menyadari manfaat kehadiran online, sehingga membuat digital marketing punya peran yang penting. Pada akhirnya, sektor digital marketing ini menghasilkan peningkatan peluang karier yang cukup menjanjikan di masa depan.

Dan ternyata lingkup kerja digital marketing itu tidak sedikit. Bagi kamu yng ingin terjun di bidang ini, berikut peluang karier terbaik dalam digital marketing, melansir laman Make Use Of.

1. Manajer Media Sosial

Media sosial adalah salah satu area fokus utama dalam pemasaran digital karena kemampuannya untuk menangkap dan terhubung dengan audiens targetmu di platform media sosial populer.

Manajer media sosial bertanggung jawab untuk menangani profil media sosial, membuat kampanye media sosial, pembuatan konten, mengembangkan strategi untuk meningkatkan pengikut, dan memantau analitik.

Jika kamu menghabiskan sebagian besar waktumu di saluran media sosial, tetap mengikuti berita dan percakapan, dan memiliki pemahaman yang kuat tentang berbagai platform, peran ini mungkin yang terbaik untukmu.

2. Penulis Konten/Copywriter

Meskipun content writer dan copywriting berbeda satu sama lain, keduanya penting untuk mendorong upaya pemasaran dan sangat penting untuk digital marketing. Keduanya mengharuskanmu memiliki keterampilan menulis yang efektif untuk mengomunikasikan ide atau konsep secara online.

Baca juga: Awas! 10 Tips Ini Justru Menghambat Karier Kamu (Bagian 1)

Sebagai penulis konten, kamu akan menulis untuk tujuan tertentu, baik mendidik audiens atau meningkatkan kesadaran tentang brand. Di sisi lain, menjadi copywriter akan mengharuskanmu menulis untuk membujuk audiens agar membeli produk atau layanan.

3. Spesialis PPC

Pay per click atau PPC adalah salah satu teknik pemasaran online yang digunakan untuk mengarahkan lalu lintas ke situs web, di mana pengiklan membayar setiap kali iklan diklik. Google Ads adalah jenis PPC yang paling umum, di mana kamu membayar untuk muncul di slot teratas halaman hasil mesin pencari.

Spesialis PPC bertanggung jawab untuk merencanakan kampanye iklan, memantau kampanye yang ada dan mengoptimalkannya, serta meninjau analitik untuk membuat laporan kinerja. Kamu akan bekerja sama dengan manajer bisnis dan pengambil keputusan untuk membantumu membuat kampanye iklan sesuai dengan persyaratan bisnis.

4. Ahli Strategi Konten (content strategist)

Sebagai ahli strategi konten, kamu akan bertanggung jawab untuk merencanakan konten pada media sosial, situs web, email, dan saluran digital lainnya untuk meningkatkan keterlibatan dan mencapai tujuan bisnis.

Kamu akan melakukan brainstorming ide dengan meneliti profil pesaing merek dan posting tren di industri terkait, mengembangkan pedoman kreatif, dan membuat rencana konten yang sesuai. Kamu juga akan berkolaborasi dengan tim kreatif, termasuk desainer grafis dan penulis, untuk menerapkan strategi dan memastikan rencana konten memenuhi semua tujuan bisnis.

Tinggalkan Balasan