Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, April 20, 2024
redaksi@topcareer.id
Profesional

8 Jenis Pekerjaan Digital Marketing yang Bisa Kamu Lamar (Bagian 2)

Foto Ilustrasi (Freepik)

Topcareer.id – Di era digital, makin banyak perusahaan menyadari manfaat kehadiran online, sehingga membuat digital marketing punya peran yang penting. Pada akhirnya, sektor digital marketing ini menghasilkan peningkatan peluang karier yang cukup menjanjikan di masa depan.

Dan ternyata lingkup kerja digital marketing itu tidak sedikit. Bagi kamu yng ingin terjun di bidang ini, berikut peluang karier terbaik dalam digital marketing, melansir laman Make Use Of.

5. SEO Specialist

Search Engine Optimization atau SEO adalah mengoptimalkan situs webmu untuk peringkat lebih tinggi pada halaman hasil mesin pencari. Untuk menjadi spesialis SEO, kamu harus memiliki pengetahuan tentang cara kerja mesin telusur, memahami dan mengerjakan strategi, mengikuti tren industri, mencoba dan menguji berbagai metode yang berhasil, dan memantau analitik.

SEO adalah proses jangka panjang, dan peran itu akan mengharuskanmu memiliki kesabaran, pemikiran kritis, penelitian, dan pola pikir analitis. Selain itu, memiliki pengetahuan teknis dan pemrograman sering diperlukan untuk menjadi spesialis SEO dan dianggap sebagai nilai tambah.

6. Ahli Pencitraan brand

Brand atau merek adalah cerminan dari produk atau layananmu. Pakar branding menjadi semakin penting karena perusahaan menyadari nilai membangun reputasi yang kuat secara online dengan membedakan diri dari pesaing.

Sebagai pakar branding, kamu akan mengelola brand klien, membuat strategi untuk membangun kesadaran, dan meningkatkan visibilitas dan reputasi perusahaan secara online dari waktu ke waktu dengan cermat, dan meninjau kemajuan. Selanjutnya, kamu akan mengawasi upaya tim kreatif untuk menyelaraskan tampilan produk, logo, visual, dan desain situs web.

Baca juga: Awas! 10 Tips Ini Justru Menghambat Karier Kamu (Bagian 1)

7. Spesialis Pemasaran Email

Perusahaan menggunakan pemasaran email untuk berkomunikasi dengan audiens target dan mengarahkan mereka ke situs web resmi mereka untuk membeli produk atau layanan mereka.

Spesialis pemasaran email akan bertanggung jawab untuk membuat email, membuat daftar email prospek, mengembangkan strategi, menindaklanjuti email, dan memantau kampanye pemasaran email.

Untuk menjadi spesialis pemasaran email, kamu harus memiliki keterampilan menulis dan komunikasi yang sangat baik, pemahaman tentang pesan pemasaran, dan pengetahuan tentang perangkat lunak otomatisasi pemasaran email.

8. Manajer Digital Marketing

Manajer digital marketing sering kali ahli dalam sebagian besar peran yang disebutkan di atas, atau dikenal memiliki pemahaman yang kuat tentang mereka.

Peran tersebut bertanggung jawab untuk memimpin dan mengelola semua upaya digital, termasuk kampanye media sosial, SEO, branding, kampanye iklan, strategi pertumbuhan, meninjau analitik, dan banyak lagi.

Seorang manajer digital marketing menangani berbagai tugas dan saluran pemasaran, yang membutuhkan gudang alat dan perangkat lunak. Dalam sebuah startup, peran tersebut kemungkinan akan bertanggung jawab untuk menangani seluruh proses.

Leave a Reply