Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, May 23, 2024
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Pentingnya Kesan Baik di Tempat Kerja, dan Cara Mendapatkannya (Bagian 2)

Ilustrasi orang yang terlalu cinta dengan pekerjaan bisa merusak kesehatan mental.Ilustrasi orang yang terlalu cinta dengan pekerjaan bisa merusak kesehatan mental. (Dok/payscale.com)

Topcareer.id – Jangan pernah meremehkan betapa pentingnya membuat kesan yang baik di tempat kerja. Terutama bagi kamu yang sedang mempertahankan atau mengejar kemajuan di karier kamu.

Ketika atasan dan rekan kerja kamu menyadari bahwa mereka dapat mengandalkanmu untuk melakukan pekerjaan dengan baik, maka kemungkinan besar kamu akan mulai menerima tanggung jawab yang lebih besar.

Pada gilirannya nanti, kepercayaan ini nantinya akan mengarah pada promosi dan kenaikan gaji. Suatu hal yang pastinya diimpikan oleh banyak karyawan di seluruh dunia.

Lalu, bagaimana cara mendapatkan kesan baik ini? Mengutip dari The Balance Careers, berikut beberapa tips ampuh yang bisa kamu coba.

Bagian akhir dari artikel.

Hindari topik kontroversial
Atasan cenderung suka ketika tempat kerja mereka tenang dan penuh semangat. Siapa yang bisa menyalahkan mereka? Ketika karyawan bekerja sama secara harmonis, mereka dapat fokus pada pekerjaan mereka.

Oleh karena itu, hindari memulai percakapan tentang topik yang membuat orang tidak nyaman dan bahkan dapat menyebabkan pertengkaran. Hindari berbicara tentang politik atau agama, misalnya.

Baca juga: Bahas Topik Ini di Tempat Kerja bisa Mengganggu Karier Kamu

Berpakaian yang sesuai
Selalu ikuti aturan berpakaian dari perusahaan kamu. Memang, sebagian besar perusahaan tidak lagi mewajibkan karyawannya memakai jas untuk bekerja, tetapi tetap penting untuk memiliki penampilan yang rapi dan bersih.

Sebagai contoh, jika kamu diperbolehkan mengenakan jeans dan t-shirt, pastikan kondisinya baik. Sepatu kamu juga harus dalam kondisi yang baik.

Ingatlah, cobalah untuk hindari cibiran dan kesalahan yang tidak perlu, dengan selalu mengikuti petunjuk atasan saat memilih pakaian kerja.

Hormati rekan kerja
Ketika rekan kerja saling menghormati, mereka biasanya bergaul lebih baik. Bagi atasan, ini adalah salah satu hal yang penting. Tidak ada yang ingin karyawan mereka berkelahi.

Untuk melakukannya, selalu hindari bertindak dengan cara yang tidak beradab terhadap rekan kerja kamu.

Kamu bisa memulainya dengan tepat waktu untuk bekerja, terutama jika kamu bertanggung jawab membebaskan seseorang dari shift mereka. Jangan pernah juga mengambil kredit untuk pekerjaan orang lain.

Terakhir, usahakan untuks selalu berbagi beban kerja secara adil, dan jangan ragu minta maaf jika kamu ptak sengaja menyinggung rekan kerja kamu.

Mewakili perusahaan dengan baik di konferensi dan rapat
Saat kamu menghadiri konferensi atau pertemuan bisnis besar atas nama atasan kamu, tugas kamu adalah membuat kesan yang baik. Ini akan mencerminkan organisasi kamu dengan baik, dan atasan kamu akan menghargai usaha kamu.

Untuk melakukannya, berpakaianlah dengan tepat dan berjejaring dengan peserta lain. Pastikan untuk membawa kembali informasi untuk dibagikan kepada atasan dan rekan kerja kamu jika mereka tidak dapat menghadiri rapat.

the authorFeby Ferdian

Leave a Reply