Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, March 28, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Mau Sukses Jualan di eBay? Mulailah dengan 5 Langkah Ini (Bagian 2)

eBay. Dok/The New York TimeseBay. Dok/The New York Times

Topcareer.id – Sedang mencari cara untuk menambah penghasilan tanpa perlu ke luar rumah? Berjualan online mungkin boleh kamu masukkan di daftar jawaban.

Saat ini, ada banyak platform yang bisa kamu manfaatkan untuk bisa melakukan hal tersebut, salah satunya adalah situs eBay, yang bisa membantumu untuk menjual produk-produk hingga lintas negara.

Ya! eBay sendiri didirikan pada tahun 1995 sebagai situs lelang online, yang memicu perubahan radikal terkait cara dunia membeli dan menjual barang.

Dalam prosesnya, platform ini membuka peluang bagi ribuan orang untuk menghasilkan uang dari rumah. Dan hari ini, berkat eBay, jika kamu memiliki sesuatu untuk dijual, seluruh dunia bisa kamu jadikan pasar kamu. Itu berarti lebih banyak pembeli potensial, meski juga berarti lebih banyak persaingan.

Baca juga: 5 Hobi yang Bisa Tingkatkan Kreativitas dan Kinerjamu di Kantor

Seperti perusahaan online yang sukses, eBay juga terus berubah seiring waktu dan teknologi.

Oleh karena itu, untuk menjadi penjual eBay yang sukses, kamu juga harus melakukan hal yang sama. Berikut beberapa hal yang bisa kamu pelajari, sebelum terjun dan bersaing dengan para penjual lainnya.

Bagian akhir dari artikel. Baca penjelasan sebelumnya di sini.

Pembayaran
Untuk sebagian besar transaksi (dengan beberapa pengecualian untuk real estat, kendaraan bermotor, dll.) ada tiga cara untuk menerima pembayaran:

  • Akun kartu kredit, yang diatur melalui penyedia luar yang disetujui eBay dan biasanya memiliki biaya yang signifikan.
  • Pembayaran langsung dapat mencakup uang tunai, cek, dan wesel. Namun, penjualan langsung seperti ini cukup langka di eBay.
  • PayPal. Ini adalah bentuk pembayaran paling umum yang digunakan di eBay. Akun PayPal adalah kebutuhan bagi penjual eBay, meskipun itu bukan persyaratan yang sebenarnya. PayPal menawarkan alat untuk faktur, pengingat pembayaran, dan opsi pembayaran dalam lelang untuk bisnis dan pelanggan utamanya.

Mulai menjual!
Memasukkan barang yang akan kamu jual di akun eBay kamu sebenarnya cukup mudah. Apalagi jika kamu sudah familiar dengan toko-toko online yang tersebar di Indonesia.

Yang menarik, selain menjual, kamu juga bisa menetapkan sistem lelang, dengan kurun waktu tiga, lima, tujuh, atau 10 hari.

Kamu juga bisa menggabungkan sistem lelang dengan sistem penjualan biasa, dengan membuat daftar lelang tetapi menambahkan “Beli Sekarang.” Nantinya, jika ada barang serupa yang dijual, eBay akan merekomendasikan tawaran awal dan harga tetap.

Meminta bantuan toko lain untuk menjual produk kamu
Kalau semua penjelasan di atas terdengar terlalu rumit bagi kamu, kamu dapat mencoba eBay Valet, di mana orang lain akan membantu menjual barang-barang kamu.

Jika melakukan ini, kamu bahkan tidak perlu membayar ongkos kirim. Kamu hanya akan mendapatkan potongan harga jual, di mana kamu akan mendapatkan 80 persen untuk penjualan $500 atau lebih, atau dipotong paling sedikit 25 persen untuk penjualan di bawah $25.

the authorFeby Ferdian

Leave a Reply