Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Rabu, Oktober 5, 2022
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Cari Kerja Lewat Medsos? Manfaatkan Hashtag Pakai Cara Ini

hastag 2

Topcareer.id – Hashtag adalah alat yang paling berguna untuk membangun jaringan di media sosial, juga dalam mencari peluang kerja dan membagikan lowongan kerja. Jadi, bagaimana cara terbaik menggunakan hashtag (tagar) ini dalam mencari kerja?

Jika kamu menggunakan hashtag dengan cara yang kreatif dan bijaksana, kamu dapat meningkatkan pencarian pekerjaan dan mengesankan manajer perekrutan. Berikut tipa menggunakan hashtag untuk mencari pekerjaan, seperti dalam laman The Balance Career.

Pelajari tentang perusahaan

Jika kamu ingin tahu lebih banyak tentang bagaimana rasanya bekerja di sebuah perusahaan, kamu dapat menggunakan hashtag untuk mendapatkan informasi orang dalam. Banyak perusahaan memiliki hashtag yang digunakan karyawan untuk berbagi cerita tentang kehidupan di perusahaan.

Temukan pekerjaan yang tersedia

Banyak perusahaan menggunakan LinkedIn, Twitter, Facebook, dan bahkan Instagram untuk memposting pekerjaan. Seringkali, mereka akan menyertakan berbagai hashtag yang terkait dengan posisi atau pencarian pekerjaan di posting ini. Cari di situs media sosial untuk hashtag tertentu yang terkait dengan daftar pekerjaan (termasuk #jobs, #loker , dan #lowongankerja).

Untuk lebih spesifik, kamu dapat mencari judul pekerjaan yang tepat (#lokerdesain #lokeradmin) dan lokasi (#lokerjakarta #jakarta).

Baca juga: 5 Cara Bertahan Di Tempat Kerja Yang Toxic

Promosikan pencarian kerjamu

Bantu perekrut menemukanmu di media sosial dan halaman LinkedIn dengan menggunakan hashtag yang mempromosikan pencarian pekerjaan. Misalnya, jika kamu memposting sesuatu yang terkait dengan pencarian pekerjaan (seperti pesan tentang pengalaman kerja, atau link ke resume), kamu dapat menyertakan hashtag yang relevan, seperti #jobhunt, #employment, atau #resume, #readytowork.

Tips Menggunakan Hashtag untuk Pencarian Kerja

Gunakan hashtag yang sudah umum. Jangan membuat hashtag baru dan berharap orang-orang mulai menggunakannya. Pastikan untuk menggunakan hashtag yang sudah populer di antara grup yang ingin kamu ketahui. Untuk mengetahui tagar mana yang populer, lihat apa yang digunakan orang-orang berpengaruh di industrimu di platform media sosial mereka.

Berhati-hatilah dengan tagar yang kamu gunakan. Pastikan kamu menggunakan hashtag yang tidak hanya digunakan, tetapi digunakan oleh orang yang ingin kamu kaitkan. Sebelum menambahkan hashtag, lakukan pencarian cepat untuk melihat siapa lagi yang cenderung menggunakan hashtag tersebut.

Gunakan hashtag untuk membagikan konten profesional. Pastikan bahwa, ketika kamu menyertakan hashtag yang terkait dengan pencarian pekerjaan di postingan media sosial, postinganmu harus profesional. Jangan menyertakan hashtag seperti #jobsearching pada kiriman tentang hewan peliharaan, misalnya. Jaga agar tagar dan konten tetap profesional.

Gunakan hashtag secukupnya. Meskipun hashtag adalah alat baru yang berguna untuk mencari pekerjaan, jangan berlebihan. Kamu tidak ingin menyertakan lusinan hashtag di setiap artikel LinkedIn yang kamu posting atau setiap tweet yang kamu tulis. Pilih dua atau tiga hashtag yang akan sangat berguna untuk kebutuhan pencarian kerja spesifik.

Tinggalkan Balasan