Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sabtu, Desember 3, 2022
redaksi@topcareer.id
Tren

WHO: Kasus Cacar Monyet Global Melonjak 20% dalam Seminggu Terakhir

Ilustrasi cacar monyet. Dok/SkyNewsIlustrasi cacar monyet. Dok/SkyNews

Topcareer.Id – Kasus cacar monyet melonjak lebih dari 20% di seluruh dunia pekan lalu, Organisasi Kesehatan Dunia (WFO) mengatakan hal tersebut dalam konferensi pers Rabu (17/8) kemarin.

Lebih dari 35.000 kasus telah tercatat secara global, sebagian besar di Eropa dan Amerika. Dua belas kematian juga telah dilaporkan.

Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan, sebagian besar kasus terus terjadi pada pria yang berhubungan seks dengan pria lain. Dia juga menekankan pentingnya memastikan bahwa pasokan global vaksin cacar monyet, yang disebut Jynneos, tersedia secara luas.

“Kami tetap prihatin bahwa akses yang tidak adil ke vaksin yang kami lihat selama pandemi COVID-19 akan terulang, dan bahwa yang termiskin akan terus tertinggal,” kata Tedros, mengutip dari UPI News.

Baca juga: WHO Ganti Nama Cacar Monyet jadi Clade. Ini Tujuannya

Vaksin dapat mengurangi risiko paparan dan menurunkan risiko infeksi parah.

Menurut Dr. Rosamund Lewis, pimpinan teknis cacar monyet WHO, vaksin merupakan tindakan pencegahan yang diperlukan, meskipun tidak 100% efektif.

“Kami telah mengetahui sejak awal bahwa vaksin ini tidak akan menjadi peluru perak, bahwa itu tidak akan memenuhi semua harapan yang diberikan padanya, dan bahwa kami tidak memiliki data kemanjuran atau data efektivitas yang kuat dalam konteks ini,” kata Lewis.

“Orang-orang memang perlu menunggu sampai vaksin dapat menghasilkan respon imun yang maksimal, tapi kami belum tahu bagaimana efektivitasnya secara keseluruhan.” Tegasnya.

the authorFeby Ferdian

Tinggalkan Balasan