Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Jumat, September 30, 2022
redaksi@topcareer.id
Info Lowongan Kerja

Kraton Yogyakarta Buka Lowongan Prajurit, Ini Cara Daftarnya!

8dc38be8-29b8-43b8-91ec-dff54245112b

Topcareer.Id – Kabar baik bagi kamu yang punya mimpi untuk menjadi salah satu prajurit, sekaligus pengawal budaya di Kraton Yogyakarta.

Sejak 21 Agustus 2022 kemarin, hingga 21 September 2022 mendatang, Kawedanan Keprajuritan (divisi yang mengurusi dua poin di atas), membuka pendaftaran calon prajurit baru.

Adapun persyaratannya, antara lain:

  1. Kesediaan untuk mengabdikan diri kepada Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat
  2. Memiliki semangat dalam nguri-uri atau melestarikan kebudayaan khususnya seni keprajuritan
  3. Diutamakan yang pernah bergabung dalam Bregada Rakyat (kelompok bregada yang dibuat oleh masyarakat).

KPH Notonegoro, Penghageng Kawedanan Keprajuritan mengungkapkan, lowongan ini dibuka untuk memenuhi kebutuhan Abdi Dalem Prajurit yang bertugas di berbagai upacara keraton.

“Sesuai dengan perkembangan zaman, sistem perekrutan ini kami lakukan secara terbuka, transparan, dan akuntabel melalui proses seleksi administratif serta seleksi keterampilan,” tegasnya.

Terkait persyaratan di mana pengalaman sebagai anggota bregada diutamakan, antara lain sebagai penyambung hubungan antara keraton sebagai sumber awal kesenian, dengan bregada-bregada rakyat yang sekarang berkembang di masyakarat.

“Harapannya, dengan terjalinnya hubungan ini, kesenian keprajuritan makin berkembang meski tetap menjaga pakem atau tata aturan bakunya.”

Baca juga: Mulai September, Kamu Bisa Terbang Langsung dari Yogyakarta ke Singapura

Cara mendaftar sebagai Prajurit Kraton

Perlu diketahui, tugas utama dari prajurit kraton salah satunya adalah menjadi bagian dari upacara-upacara adat di keraton seperti Garebeg, dan sebagainya.

Prajurit Kraton juga memiliki tugas untuk melestarikan dan mengembangkan olah keprajuritan tradisi, seperti ungel-ungelan dan baris berbaris.

“Kedepannya, dengan adanya prajurit baru, kami bisa juga memperluas ragam olah keprajuritan tradisi yang akan dilestarikan serta dikembangkan, seperti jemparingan, paseran, bandril, dan sebagainya.” terang KPH Notonegoro.

Nah, buat kamu yang berminat untuk bergabung, langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah membuat surat pengajuan diri menjadi prajurit, yang nantinya ditujukan kepada: Penghageng Kawedanan Keprajuritan Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat. (Untuk formatnya, silahkan unduh pada laman ini).

Selain itu, kamu juga harus mempersiapkan beberapa dokumen, antara lain:

  1. Surat rekomendasi dari pengurus Bregada Rakyat
  2. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) terbaru (asli dan fotokopi)
  3. Fotokopi ijazah pendidikan terakhir (minimal Sekolah Menengah Pertama/SMP-sederajat)
  4. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  5. Fotokopi Kartu Keluarga/C1
  6. Melampirkan nomor telepon yang dapat dihubungi
  7. Usia calon prajurit 22 – 40 tahun
  8. Tinggi badan minimal 165 cm dan berat badan proporsional
  9. Sehat secara jasmani dan rohani, tidak cacat fisik maupun mental, dibuktikan dengan Surat Keterangan Sehat terbaru dari dokter ataupun puskesmas
  10. Pasfoto terbaru dengan latar berwarna merah ukuran 4×6 (4 lembar), 3×4 (4 lembar), dan 2×3 (4 lembar)

Jika sudah lengkap, kirimkan semua berkas melalui email ke keprajuritankratonjogja@gmail.com, atau via WhatsApp ke nomor 089618557665 (a.n Nyi MB Bondansari).

Berkas juga dapat kamu serahkan langsung ke kantor Tepas Keprajuritan yang berlokasi di Pracimosono Keraton Yogyakarta (barat Bangsal Pagelaran), setiap hari (kecuali hari Senin) pukul 10.00-14.00 WIB.

Tahapan Proses Rekrutmen

Mengutip dari situs resmi Kraton Yogyakarta, proses rekrutmen akan melalui tiga tahapan yaitu seleksi administrasi, seleksi fisik, dan seleksi tahap akhir.

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan kunjungi media sosial resmi Kraton Yogyakarta.

the authorFeby Ferdian

Tinggalkan Balasan