Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Senin, September 26, 2022
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Mengenal Oat, dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Dok/KompasDok/Kompas

Topcareer.id – Avena sativa – atau gandum utuh yang biasa dikenal sebagai oat tumbuh di daerah beriklim sedang seperti Amerika Serikat serta Kanada, dan oat mampu bertahan di kondisi tanah yang buruk, namun ini justru menjadikannya tanaman yang sangat sehat.

Sebuah studi yang diterbitkan pada September 2015 di Proceedings of the National Academy of Sciences mencatat penemuan bukti alat kuno yang akan digunakan untuk menggiling biji-bijian seperti gandum.

Dari sini bisa ditarik kesimpulan tampaknya manusia telah menjadi pecinta oat sejak waktu yang sangat lama.

Oat saat ini tersedia versi instannya, orang biasa menyebutnya oatmeal. Oat dianggap sebagai gandum utuh karena setelah diproses, dedak dan microbanya tetap utuh.

Di toko, kamu bisa membeli steel-cut oats (oatmeal Irlandia, yang lebih kenyal dan lebih enak).

Ada juga oatmeal Skotlandia (oat dan krim yang digiling batu), rolled oat (biasa atau klasik), serta oatmeal instan.

Manfaat Kesehatan dari Oat dan Oatmeal
Oat adalah biji-bijian dari tanaman sereal, dan oatmeal adalah jenis bubur yang dibuat menggunakan gandum

Gandum utuh atau oat kaya akan serat, vitamin B, dan mineral fosfor, magnesium, serta seng.

Departemen Pertanian A.S. merekomendasikan untuk lebih banyak menambahkan oat ke dalam menu makanan sehari-hari agar membantumu hidup lebih lama.

Hal ini didukung oleh hasil studi Harvard School of Public Health yang diterbitkan pada Maret 2015 dalam jurnal JAMA Internal Medicine.

Untuk setiap porsi tambahan oat harian, risiko kematian atau kematian akibat penyakit jantung secara keseluruhan menurun masing-masing sebesar 5 dan 9 persen.

Terlebih lagi, sebuah penelitian yang diterbitkan pada bulan Desember 2015 di jurnal Nutrition Research menemukan bahwa pemakan oatmeal lebih cenderung memiliki gaya hidup yang lebih sehat.

Secara umum pemakan oatmeal sepanjang hari makan lebih banyak protein, serat, dan vitamin serta mineral seperti vitamin A, kalsium , dan kalium.

Baca juga: 10 Camilan Larut Malam yang Sehat dan Bergizi

Pemakan oatmeal cenderung memiliki indeks massa tubuh (BMI) yang lebih rendah dan pinggang yang lebih kecil – keduanya mengarah pada hasil kesehatan yang lebih baik.

Alasan pecinta oatmeal dapat mengkonsumsi lebih banyak nutrisi karena gandum adalah sumber biji-bijian.

Orang juga cenderung memasangkan susu dan buah dengan oat mereka, ini membantu mereka mendapatkan lebih banyak vitamin seperti vitamin A, kata para peneliti.

Oatmeal telah terbukti membantu menurunkan kolesterol tinggi.

Sebab oatmeal mengandung serat larut yang disebut beta-glukan, ini tidak hanya mengubah profil kolesterol, tetapi juga memiliki antioksidan yang melindungi pembuluh darah dari LDL atau kolesterol jahat.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan