Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Minggu, Februari 5, 2023
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Tips Sukses Hadapi Coffee Interview (Bagian 1)

Coffee Interview. Dok/iStockCoffee Interview. Dok/iStock

Topcareer.Id – Coffee Interview, atau pertemuan informal sambil minum kopi belakangan telah menggantikan wawancara putaran pertama dalam hal pencarian kerja. Cara ini biasanya dilakukan oleh para perekrut, terutama saat membicarakan peluang kerja, ketimbang wawancara untuk posisi tertentu.

Lalu, bagaimana cara untuk menangani jenis wawancara ini? Mengutip The Balance Careers, berikut beberapa hal yang bisa kamu coba.

Tips Menangani Coffee Interview

Meskipun “hanya” secangkir kopi, Coffee interview bisa menjadi batu loncatan untuk pekerjaan baru. Jadi penting bagi kamu untuk meluangkan waktu untuk mempersiapkannya.

Paling tidak, ini adalah kesempatan untuk bertemu seseorang di industri kamu, yang selalu membantu dari perspektif jaringan.

Inilah yang perlu diingat saat kamu mempersiapkan diri untuk coffee interview, sehingga kamu dapat yakin untuk mendapatkan hasil maksimal dari pengalaman tersebut.

Bagian pertama dari artikel

Lakukan riset
Penting untuk mempersiapkan diri, seperti yang Anda lakukan untuk wawancara dalam suasana yang lebih formal.

Meneliti perusahaan dan misinya, layanan, serta pencapaiannya baru-baru ini, akan mempersiapkan kamu untuk bisa terlibat sepenuhnya dalam dialog.

Untuk langkah awal, sebelum pertemuan, cari orang tersebut di LinkedIn. Ini akan memungkinkan kamu untuk memiliki visual dalam pikiran.

Baca juga: Pentingnya Peran Semua Pihak untuk Atasi Masalah Ketenagakerjaan

Kamu juga harus siap untuk berbicara tentang diri kamu, apa yang kamu cari dalam karier, dan bagaimana kamu dapat menambah nilai bagi perusahaan.

Ini adalah waktu kamu untuk membuat kesan pertama yang baik, jadi bersiaplah untuk menjelaskan bagaimana kamu dapat membantu perusahaan.

Konfirmasi lokasi dengan tepat
Konfirmasikan lokasi yang tepat, termasuk persimpangan jalan atau sudut.

Pastikan juga untuk bertanya, bagaimana kamu akan mengenali orang yang kamu temui dan sebaliknya. Beri tahu mereka seperti apa penampilan kamu, atau apa yang akan kamu kenakan.

Yang terpenting dari semuanya, jangan sampai terlambat.

Kenakan pakaian yang sopan
Karena sifat pertemuan ini informal, kamu tidak perlu mengenakan pakaian yang formal. Namun jangan sampai ceroboh. Pastikan pakaian kamu rapi, disetrika, dan bersih.

Bawa resume
Akan selalu menguntungkan jika kamu memiliki beberapa salinan resume dan kartu nama, termasuk juga daftar referensi.

Dalam wawancara nanti, kamu mungkin ingin membuat catatan, jadi tidak ada salahnya membawa pena dan kertas untuk menulis.

Memesan Kopi
Sebaiknya, kamu tidak memesan makanan selama pertemuan semacam ini. Karena dengan wawancara yang santai, kamu akan leb ih banyak berbicara, sementara makanan hanya akan menjadi pengalih perhatian.

Lagipula jika tidak memesan makanan, kamu tidak perlu khawatir berbicara tanpa sengaja dengan mulut penuh!

the authorFeby Ferdian

Tinggalkan Balasan