Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, April 19, 2024
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Pemimpin yang Baik Tak akan Keluarkan 3 Kalimat Toxic Ini

Ilustrasi bos- pemimpin (Pexels)

Topcareer.id – Banyak manajer yang mengisi posisi kepemimpinan saat ini tapi mereka tidak paham kompetensi untuk menginspirasi dan melibatkan karyawan mereka. Kompetensi kepempimpinan tentu saja di dalamnya meliputi kata-kata yang dipilih untuk menjalin komunikasi yang baik.

“Meskipun tindakan berbicara lebih keras daripada kata-kata, mengatakan hal yang salah dapat menghancurkan karyawan dan melucuti kemampuan mereka untuk bekerja dengan baik,” tulis Marcel Schwantes, Founder dan Chief Human Officer, Leadership From the Core dalam laman Inc.

Schwantes lantas menjabarkan tiga kalimat yang kemungkinan besar tidak seharusnya kamu dengar keluar dari mulut seorang pemimpin yang baik.

1. “Saya tidak membutuhkan nasihatmu.”

Atasan yang beracun bukanlah pemain tim karena mereka tidak cukup mempercayai orang-orangnya untuk mendelegasikan atau meminta masukan mereka tentang berbagai hal. Ini tentang kekuasaan dan kendali. Sebaliknya, ketika menghadapi tantangan yang berat, pemimpin yang baik mengutamakan tim dengan mencari perspektif dari berbagai sudut.

“Mereka berbicara dengan berbagai orang untuk mendapatkan kejelasan dan menentukan tindakan. Kadang-kadang keputusan itu mungkin bukan yang paling populer, tetapi selalu tepat karena mereka mencari banyak suara dari pikiran yang sehat,” kata Schwantes.

Baca juga: Mau Lolos Wawancara Kerja? Please, Hindari 10 Perilaku Tidak Sopan Ini

2. “Saya tidak bertanggung jawab.”

Atasan yang beracun mengalihkan tanggung jawab dan menyalahkan orang lain untuk melindungi diri mereka sendiri dengan segala cara. Di sisi lain, pemimpin yang baik mengesampingkan egonya, karena mengakui sebagai manusia pasti melakukan kesalahan justru meningkatkan kepercayaan.

Ketika para pemimpin mencontohkan jenis keaslian ini, karyawan merasa cukup aman untuk mengambil risiko, membuat kesalahan mereka sendiri, dan cukup terbuka untuk mengatakan, “Bos, saya mengacaukannya.”

3. “Tidak ada yang salah.”

Karyawan tidak bodoh. Mereka dapat merasakan denyut nadi organisasi selama masa-masa sulit dan akan melihat langsung dari bos yang tidak menceritakan keseluruhan cerita atau berpura-pura semuanya baik-baik saja ‘ketika gedung terbakar.’

Di sisi lain, meski ada beberapa hal yang perlu diketahui, pemimpin yang baik akan membuat karyawan tetap mengetahui apa yang terjadi, terutama ketika hal itu memengaruhi pekerjaan, mata pencaharian, dan pelanggan mereka.

Leave a Reply