Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Kamis, Februari 9, 2023
redaksi@topcareer.id
Tren

Tutorial Beli NFT di Opensea, Dijamin Langsung Bisa!

OpenseaOpensea

Topcareer.Id – Kamu mungkin sudah mulai paham tentang pengertian NFT, dan perlahan-lahan tertarik untuk memilikinya.

Namun, untuk membelinya, kamu mungkin perlu sedikit belajar lagi, karena ada beberapa langkah yang perlu kamu ikuti, termasuk memilih tempat pembeliannya.

Nah, di antara marketplace NFT yang tersedia, ada satu yang paling populer dan terbesar di dunia. Nama marketplacenya adalah Opensea.

Bahkan, tak hanya bisa membeli NFT, kamu juga bisa menjual karya seni digital kamu kepada para kreator yang berkeliaran di sana.

Lalu, bagaimana cara membeli NFT di Opensea? Berikut langkah-langkahnya. Disimak baik-baik ya.

Langkah 1

Untuk langkah pertama, sebelum membuat akun di Opensea, kita akan diminta untuk membuat dompet kripto dulu. Ada banyak pilihan yang bisa kamu pilih, antara lain Coinbase Wallet, Metamask, Wallet Connect, Glow, hingga Phantom.

Supaya enggak bingung, saya merekomendasikan Metamask untuk jadi dompet kripto kamu. Isi data diri dan petunjuk yang diminta, untuk memiliki dompet kripto kamu sendiri.

Oh ya! Jangan lupa untuk menyimpan baik-baik 11 kata yang nantinya jadi akses utama kamu ke Metamask. Kalau sampai hilang, ethereum (alat pembayaran kripto) yang kamu simpan di sana pun tak akan pernah bisa kamu akses lagi.

Langkah 2

Jika langkah di atas sudah selesai, sekarang kamu harus membeli ethereum. Ini wajib karena transaksi di Opensea menggunakan ethereum.

Saat ini, 1 ethereum setara dengan Rp 24,8 juta. Tapi tenang, kamu tidak perlu menyiapkan uang sebanyak itu karena harga NFT sendiri cukup bervariasi. Contohlah NFT salah satu edisi Etherwaifu yang dibanderol di angka 0,0527 Ethereum atau sekitar Rp 1,3 juta.

Baca juga: NFT Pertama di Indonesia bukan Gozali atau Denny JA, Tapi….

Langkah 3

Setelah punya dompet kripto beserta etheriumnya, sekarang waktunya untuk berburu NFT. Buka Opensea, login, dan hubungkan dompet wallet kita.

Untuk mencari NFT, ada tombol search atau menu explore yang bisa kamu manfaatkan.

Langkah 4

Setelah mendapat NFT yang kamu taksir, coba perhatikan skema penjualannya.

Kalau sistemnya lelang, pilih menu Place Bid, lalu masukkan harga yang amu tawarkan. Jika disetujui, barulah kamu bisa checkout dan konfirmasi pembelian.

Sebaliknya, jika penjualan dilakukan secara langsung, kamu tinggal klik “Buy Now,” lalu “Checkout,” dan selesaikan pembayaran.

Nah, bagaimana, mudah bukan? Ingat, selalu gunakan ethereum kamu dengan bijak ya. Biasakan juga untuk melakukan riset terlebih dahulu terhadap NFT yang ingin kamu beli, agar tidak salah langkah.

Selamat berbelanja NFT!

the authorFeby Ferdian

Tinggalkan Balasan