Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, March 28, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

KAI Percepat 10 Perjalanan Kereta Api Jarak Jauh

kereta api

Topcareer.id – PT Kereta Api Indonesia (KAI) mempercepat waktu tempuh 10 perjalanan kereta api jarak jauh mulai keberangkatan pada Rabu (28/9/2022). Percepatan waktu tempuh perjalanan ini merupakan inovasi yang KAI lakukan agar para pelanggan dapat tiba lebih cepat di tujuan.

Daftar kereta api yang mengalami percepatan waktu tempuh, yaitu

KA Argo Sindoro (Gambir – Semarang Tawang pp),

KA Argo Muria (Gambir – Semarang Tawang pp),

KA Bima (Gambir – Surabaya Gubeng pp),

KA Sembrani (Gambir – Surabaya Pasarturi pp), dan

KA Turangga (Bandung – Surabaya Gubeng pp).

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan bahwa KAI Ingin memberikan pelayanan yang lebih baik kepada pelanggan sesuai dengan tema ulang tahun ke-77 KAI yaitu Bangkit Lebih Cepat, Melayani Lebih Baik.

“Percepatan waktu tempuh KA ini merupakan bagian dari peningkatan pelayanan KAI pada momen HUT ke-77 KAI yang diperingati pada 28 September,” kata Joni dalam siaran pers, Senin (12/9/2022).

Terdapat 10 perjalanan dari 5 nama KA yang mengalami penyingkatan waktu hingga 31 menit. Para pelanggan pun dapat lebih efisien menggunakan waktunya dalam melakukan mobilitas keluar kota.

Percepatan waktu tempuh perjalanan KA ini dapat terwujud melalui perbaikan prasarana oleh KAI dan Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan untuk meningkatkan kemampuan kecepatan prasarana.

Baca juga: Kemnaker Akan Ciptakan 100 Inkubator Bisnis, Melalui Program BLK Komunitas

Perbaikan tersebut dilakukan di berbagai lintas seperti Ciawi – Ciamis, Banjar – Kroya, Blitar – Kertosono, dan jalur-jalur lainnya.

Perbaikan yang dilakukan di antaranya, membangun jalur ganda kereta api, meningkatkan kualitas material jalan rel, meng-upgrade sistem persinyalan, merekayasa geometri lengkung, serta memperbaiki kualitas perawatan jalan rel dan jembatan.

“Dengan adanya perbaikan-perbaikan yang dilakukan, maka kecepatan maksimal perjalanan ke-10 KA meningkat dari sebelumnya 105 km per jam meningkat menjadi hingga 120 km per jam. Meski ada peningkatan kecepatan, KAI selalu mengutamakan keselamatan perjalanan KA,” jelas Joni.

Waktu perjalanan yang semakin singkat juga berpengaruh terhadap perubahan jadwal keberangkatan KA. KAI mengimbau kepada calon pelanggan untuk mengecek dan memastikan kembali jam keberangkatan yang tertera di tiket.

“Harapannya melalui percepatan waktu tempuh pada sejumlah kereta api tersebut, KAI akan selalu menjadi moda transportasi umum yang cepat, aman, nyaman, dan dapat selalu diandalkan oleh masyarakat,” tutup Joni.

Leave a Reply