Find Us on Facebook

Subscribe to Our Channel

https://www.youtube.com/@topcareertv1083

Sunday, September 8, 2024
idtopcareer@gmail.com
Tren

Ingin Sukses dalam Menabung? Ini Tipsnya (Bagian 1)

Trik menabung uang gajimu dengan memisahkan ke rekening bank berbeda.Sumber foto: Save Wallets

Topcareer.Id – Menetapkan tujuan tabungan yang spesifik, akan membantu kita untuk mulai menabung.

Tujuan tersebut sangatlah penting, karena ketika kita hanya memasukkan uang ke bank secara teratur, akan lebih mudah untuk menariknya karena berbagai alasan.

Kabar baiknya, tujuan dalam menabung tidak terbatas satu saja. Meski dalam perjalanannya kamu mungkin tetap harus fokus pada tujuan tertentu yang ingin kamu capai terlebih dahulu.

Lalu, bagaimana untuk efektif dalam menabung? Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan.

Bagian pertama dari artikel.

Pilih Tujuan Tabungan Tertentu
Untuk bisa menjalankan ini, kamu perlu menentukan terlebih dahulu untuk apa kamu menabung. Misalnya, kamu menabung untuk uang muka pembelian rumah, membeli mobil, atau sebagai persiapan pensiun kamu.

Setelah menentukan semua hal itu, langkah selanjutnya adalah menentukan berapa banyak yang perlu kamu sisihkan, untuk masing-masing tabungan tersebut.

Baca juga: 5 Tips dari Dosen UM Surabaya untuk Fresh Graduate Biar Cepat Dapat Kerja

Buat Garis Waktu Penghematan
Setelah memiliki tujuan dalam menabung, langkah selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah dengan menetapkan garis waktu untuk mencapainya. Ini akan memberi kamu motivasi tambahan, untuk secara aktif berusaha mencapai tujuan tabungan kamu.

Beberapa garis waktu bisa dibuat dengan sederhana. Misalnya, kamu mungkin ingin pergi berlibur pada akhir tahun nanti. Penghitungan mengenai berapa bulan yang tersisa untuk mencapainya, bisa membuat kamu lebih terstruktur dalam menentukan angka yang harus kamu sisihkan, untuk bisa menggapai targetmu.

Tetapkan Tujuan Bulanan
Melanjutkan poin sebelumnya, untuk mencapai garis terkait tujuan tabungan kamu, kamu perlu menentukan berapa banyak yang perlu kamu simpan setiap bulan.

Ini seharusnya cukup mudah untuk sebagian besar tujuan kamu. Kecuali tabungan pensiun, yang harus dihitung dengan memperhitungkan tingkat pertumbuhan inflasi. Seorang penasihat keuangan dapat membantu kamu dalam hal ini. Atau jika tidak, kamu bisa menggunakan kalkulator online.

the authorFeby Ferdian

Leave a Reply